Mengenal Kodam serta 15 Wilayahnya di Indonesia

Kamis, 01 September 2022 - 06:28 WIB
loading...
Mengenal Kodam serta 15 Wilayahnya di Indonesia
Terdapat 15 Komando Daerah Militer atau Kodam di Indonesia yang perlu Anda diketahui. Foto/tniad.mil.id
A A A
JAKARTA - Terdapat 15 Komando Daerah Militer atau Kodam di Indonesia yang perlu Anda diketahui. Jumlah Kodam di Indonesia itu berdasarkan informasi dari situs resmi TNI Angkatan Darat ( AD ).

Lalu, apa yang dimaksud dengan Kodam? Kodam adalah Komando Utama Operasional (Kotamaops) yang bertugas menyelenggarakan operasi pertahanan dan keamanan negara matra darat di wilayahnya dalam rangka pengerahan dan penggunaan kekuatan TNI sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

Hal tersebut berdasarkan bunyi Pasal 51 ayat (1) Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI).





“Kodam dipimpin oleh Panglima Kodam disebut Pangdam yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI,” bunyi Pasal 51 ayat (2) Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 itu.

Sedangkan Pasal 51 ayat (3) menyebutkan bahwa Pangdam dibantu oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) dan Komandan Komando Resort Militer (Danrem). “Susunan organisasi Kodam dan satuan-satuan di bawahnya dibentuk secara berjenjang sesuai dengan kebutuhan,” bunyi Pasal 51 ayat (4) Perpres tersebut.

Berdasarkan informasi dari situs resmi TNI AD, terdapat 15 Kodam di Indonesia. Berikut 15 Kodam tersebut:



1. Kodam I/Bukit Barisan
Markasnya di Jalan Gatot Subroto Nomor KM 7, RW.5, Cinta Damai, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara. Wilayahnya meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Riau. Kodam I/Bukit Barisan membawahi lima Komando Resort Militer (Korem).

Pertama, Korem 022/Pantai Timur yang berkedudukan di Pematang Siantar membawahi 5 Kodim, 93 Koramil, dan 1 Yonif (Yonif 126/KC).

Kedua, Korem 023/Kawal Samudera yang berkedudukan di Sibolga membawahi 6 Kodim, 75 Koramil, dan 2 Yonif (Yonif 123/RW dan Yonif 125/SMB).

Ketiga, Korem 031/Wirabima yang berkedudukan di Pekan Baru, Riau membawahi 5 Kodim, 52 Koramil Definitif dan 12 Koramil Perwakilan, 1 Yonif (Yonif 132/BS), Yon Arhanuse-13/Pekanbaru, dan Denrudal 004 Dumai.

Keempat, Korem 032/Wirabraja yang berkedudukan di Padang, Sumatra Barat membawahi 10 Kodim, 83 Koramil, 2 Yonif (Yonif 131/BRS dan Yonif 133/YS), serta Denzipur 2/PS.

Kelima, Korem 033/Wira Pratama yang berkedudukan di Tanjungpinang, Kepulauan Riau dengan membawahi 4 Kodim, 34 Koramil, dan 1 Yonif (Yonif 134/TS).



2. Kodam II/Sriwijaya
Markasnya di Jalan Jenderal Sudirman KM 35, Palembang, Sumatera Selatan. Wilayahnya meliputi Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), yakni Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan (Sumsel), Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Kodam II/Sriwijaya membawahi Korem 041 Garuda Emas, Korem 042 Garuda Putih, Korem 043 Garuda Hitam, Korem 044 Garuda Dempo, dan Korem 045 Garuda Jaya.

3. Kodam III/Siliwangi
Kodam ini bermarkas di Jalan Aceh, Kota Bandung, Jawa Barat. Wilayahnya meliputi Provinsi Banten dan Jawa Barat.

Kodam III/Siliwangi membawahi Korem 061/Surya Kencana (SK) di Bogor, Korem 062/Tarumanagara (TN) di Garut, Korem 063/Sunan Gunung Jati (SGJ) di Cirebon, dan Korem 064/Maulana Yusuf (MY) di Serang.

4. Kodam IV/Diponegoro
Markasnya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Watugong, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah. Sedangkan wilayahnya meliputi Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kodam ini membawahi Korem 071/Wijayakusuma (WK) di Purwokerto, Korem 072/Pamungkas (PMK) di Yogyakarta, Korem 073/Makutarama (MKT) di Salatiga, dan Korem 074/Warastratama (WRS) di Surakarta.

5. Kodam V/Brawijaya
Kodam ini bermarkas di Jalan Raden Wijaya Nomor 1, Surabaya, Jawa Timur. Wilayah Kodam ini meliputi Provinsi Jawa Timur.

Kodam ini membawah Korem 081/Dhirotsaha Jaya (DSJ) di Madiun, Korem 082/Citra Panca Yudha Jaya (CPYJ) di Mojokerto, Korem 083/Baladhika Jaya (BDJ) di Malang, dan Korem 084/Bhaskara Jaya (BJ) di Surabaya.

6. Kodam VI/Mulawarman
Markasnya di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 17, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Wilayahnya meliputi Provinsi Kalimantan Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Kodam ini membawahi Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) di Samarinda, Korem 092/Maharajalila (MRL) di Tanjung Selor, dan Korem 101/Antasari (ANT) di Banjarmasin.

7. Kodam XIV/Hasanuddin
Markasnya di Jalan Urip Sumoharjo, Panaikang, Panakkukang, Panaikang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Wilayahnya meliputi Provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara dan membawahi Korem 141/Toddopuli (TDP) di Watampone, Korem 142/Taroada Tarogau (TTG) di Mamuju, dan Korem 143/Halu Oleo (HO) di Kendari.

8. Kodam IX/Udayana
Kodam ini bermarkas di Jalan Udayana Nomor 1, Dauh Puri Kangin, Denpasar Barat, Denpasar, Bali. Wilayahnya meliputi meliputi daerah Kepulauan Nusa Tenggara.

Kodam Udayana membawahi Korem 161/Wira Sakti (WS) di Kupang, Korem 162/Wira Bhakti (WB) di Mataram, dan Korem 163/Wira Satya (WSA) di Denpasar.

9. Kodam XII/Tanjungpura
Wilayahnya meliputi Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Kodam ini membawahi Korem 102/Panju Panjung (PJG) di Palangka Raya dan Korem 121/Alambhana Wanawai (ABW) di Sintang.

Kodam ini bermarkas di Jalan Alianyang Nomor 1, Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

10. Kodam XVI/Pattimura
Markasnya di Jalan Makodam Nomor 1, Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku. Wilayahnya meliputi daerah Kepulauan Maluku dan membawahi Korem 151/Binaiya (BNY) di Ambon dan Korem 152 Baabullah (BBL) di Ternate.

11. Kodam XVII/Cenderawasih
Markas Kodam ini di Jalan Polimak IV Atas Kota Jayapura, Papua. Wilayahnya meliputi Provinsi Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Kodam ini membawahi Korem 172/Praja Wira Yakthi (PWY) di Jayapura, Korem 173/Praja Vira Braja (PVB) di Biak Numfor, dan Korem 174/Anim Ti Waninggap (ATW) di Merauke.

12. Kodam Jaya/Jayakarta
Kodam ini bermarkas di Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 5 Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Wilayahnya meliputi Provinsi Jakarta Raya. Kodam ini membawahi Korem 051/Wijayakarta (WKT) di Bekasi dan Korem 052/Wijayakrama (WKR) di Tangerang.

13. Kodam Iskandar Muda
Wilayahnya meliputi Provinsi Aceh dan bermarkas di Jalan Nyak Adam Kamil II, Neusu Jaya, Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Kodam ini membawahi Korem 011/Lilawangsa (LW) di Lhokseumawe dan Korem 012/Teuku Umar (TU) di Meulaboh.

14. Kodam XIII/Merdeka
Markasnya di Jalan 14 Februari, Kota Manado, Sulawesi Utara. Wilayahnya meliputi Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah.

Kodam ini membawahi Korem 131/Santiago (STG) di Manado, Korem 132/Tadulako (TDL) di Palu, dan Korem 133/Nani Wartabone (NWB) di Gorontalo.

15. Kodam XVIII/Kasuari
Wilayahnya meliputi Provinsi Papua Barat. Markasnya di Kampung Arfai, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Kodam Kasuari membawahi Korem 181/Praja Vira Tama (PVT) di Sorong dan Korem 182/Jazira Onim (JO) di Fakfak.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8233 seconds (0.1#10.140)