Kesaktian Lin Che Wei Lobi Sana-sini di Kemendag dengan Modal Pertemanan

Rabu, 31 Agustus 2022 - 14:59 WIB
loading...
Kesaktian Lin Che Wei Lobi Sana-sini di Kemendag dengan Modal Pertemanan
Lin Che Wei menjadi sosok yang paling disorot dalam kasus dugaan korupsi minyak goreng yang menjerat beberapa petinggi perusahaan sawit hingga pejabat utama di Kemendag. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Lin Che Wei menjadi sosok yang paling disorot dalam kasus dugaan korupsi minyak goreng yang menjerat beberapa petinggi perusahaan sawit hingga pejabat utama di Kementerian Perdagangan (Kemendag) .

Bagaimana tidak, dalam dakwaan yang dibacakan oleh jaksa, Lin Che Wei tercatat sebagai Anggota Tim Asistensi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Dalam Kemendag, ia menjadi bagian dari Tim Asistensi Menko Bidang Perekonomian.

Dirinya pun tidak pernah menjabat sebagai advisor ataupun analisis pada Kemendag. Ia pun dinilai memiliki 'kesaktian' dengan statusnya yang sama sekali tidak punya kewenangan di Kemendag. Akan tetapi dirinya terlibat dan ikut serta dalam pembahasan kelangkaan minyak goreng.

Lalu bagaimana caranya ia mendapatkan kesaktian untuk terlibat aktif dalam pusaran kasus minyak goreng? Diketahui, bahwa tersangka Lin Che Wei tidak memiliki relasi yang amat begitu kuat di Kemendag, ia hanya bermodalkan pertemanan saja seperti sebagaimana yang disampaikan oleh jaksa.

"Weibinanto Halimdjati alias Lin Che Wei diikutkan dalam pembahasan kelangkaan minyak goreng yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan berdasarkan hubungan pertemanan saja," ujar jaksa di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Dalam peranannya, ia berposisi sebagai pemberi saran dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan kelangkaan minyak goreng. Ia pun bekerja tanpa adanya legalitas yang begitu kuat di Kemendag.

"Ia tidak memperoleh fee dari bantuan yang diberikan tersebut karena sejak awal tidak memiliki kontrak kerja maupun MoU dengan dengan Kementerian Perdagangan," jelas jaksa.

Jaksa juga mengatakan Lin Che Wei memiliki lembaga konsultan yang bernama IRAI (Independent Research & Advisory Indonesia). Dimana dalam lembaga tersebut, dirinya sempat bertindak sebagai advisor perusahaan-perusahaan yang terkait dengan bisnis sawit dan minyak goreng yang mengajukan permohonan persetujuan ekspor yaitu PT Wilmar Bio Energi Indonesia dan PT Musim Mas.

Awal permulaan, Lin Che Wei bermain dalam pusaran minyak goreng di Kemendag dimulai pada saat 14 Januari 2022. Dalam rapat tersebut dirinya mengusulkan harga minyak Rp14 ribu/liter hingga alokasi anggaran minyak. Dalam hal itu, disebut bahwa Muhammad Lutfi yang menjabat Mendag kala itu menyetujui beberapa usulan dari Lin Che Wei.

"Lin Che Wei mengusulkan mengenai besaran DMO 20% melalui diskresi Mendag dengan mengadakan joint konsorsium dan kebun berkewajiban untuk mensuplai CPO sesuai luasan lahan dan usulan tersebut diterima oleh Muhammad Lutfi. Atas usulan Lin Che Wei yang diterima oleh Muhammad Lutfi, kemudian Terdakwa Indra Sari Wisnu Wardhana mengatakan 'Saya nggak akan bunyikan angka 20% pak, kan kita yang potong, kita kasih tahu lisan saja pak, kalau tulis jadi masalah kita nanti'," ungkap jaksa saat membacakan dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Rabu (24/8/2022).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)