Terima Dubes Australia, Prabowo Bahas Kemajuan Progres Kerja Sama Pertahanan RI-Australia

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 13:12 WIB
loading...
Terima Dubes Australia, Prabowo Bahas Kemajuan Progres Kerja Sama Pertahanan RI-Australia
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams di Kemhan, Jakarta, Kamis (25/8/2022). FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams di Kemhan, Jakarta, Kamis (25/8/2022). Pertemuan ini membahas kemajuan progres kerja sama pertahanan RI dan Australia dalam beberapa bulan terakhir.

Kerja sama dalam lingkup pertahanan antara kedua negara ini telah terjalin di berbagai bidang, di antaranya pelatihan dan pendidikan prajurit serta kesehatan dalam rangka mitigasi pandemi Covid-19.

"Indonesia selalu memandang Australia sebagai teman dekat dan mitra utama di kawasan, terutama di bidang pertahanan. Persahabatan dan kemitraan yang erat tersebut terjadi bukan hanya karena kedekatan geografis, tetapi juga kepentingan bersama," kata Prabowo.



Ia berharap hubungan kerja sama pertahanan ini dapat semakin menguat dalam semangat saling menghormati serta menghargai kepentingan nasional masing-masing. Prabowo menegaskan komitmen Indonesia dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan melalui penguatan kerja sama pertahanan dengan negara-negara sahabat yang berbatasan langsung dengan Indonesia, serta dengan negara-negara di kawasan Pasifik Selatan.

"Kami berkomitmen untuk membuat kawasan ini tetap stabil, damai, dan sejahtera. Kami selalu berusaha mempromosikan solusi damai dan menghindari penggunaan kekuatan," ujarnya.

Sebelumnya, pada 9 September 2021, kedua negara telah memperbarui Defense Cooperation Arrangement (DCA) RI-Australia pada Defence Ministers' Meeting and pertemuan 2+2 antara Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri kedua negara.

Baca juga: Terima Dubes Australia, Menhan Prabowo Bahas Progres Kerja Sama Pertahanan

Selepas pembaruan DCA tersebut, Australia telah menyetujui Taruna TNI mengikuti pendidikan di Akademi Angkatan Bersenjata Australia atau Australian Defence Force Academy (ADFA) dan The Royal Military College, Duntroon, yang menjadi pertama kalinya dalam sejarah hubungan kerja sama pertahanan antara RI dan Australia. Australia juga telah menawarkan personel Kemhan dan TNI untuk mengikuti kursus singkat pertahanan siber.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1601 seconds (11.97#12.26)