Perjalanan Silat PSHT di Timor Leste, 9 Tahun Dilarang Kini Lahirkan 9.000 Pendekar Baru

Rabu, 24 Agustus 2022 - 19:11 WIB
loading...
A A A
"Mereka diduga tergabung di persatuan pencak silat yang menurut laporan datang ke Atambua untuk mengikuti kenaikan sabuk persatuan pencak silat Pesaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) di Kabupaten Belu," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkuham NTT Marciana D Jone seperti dilansir Antara pada 19 Agustus 2021.

Setelah sekian lama, pada 2022, Pemerintah Timor Leste resmi mengaktifkan kembali kegiatan seni bela diri dan khususnya pada tiga perguruan silat di Timor Leste. Proses pengaktifan tersebut digelar di Gedung eks GMT dan dihadiri ribuan anggota berbagai perguruan silat di Timor Leste seperti PSHT, IKS-PTL, dan KORK.

Dengan dilegalkannya pencak silat membuat warga Timor Leste berbondong-bondong belajar bela diri. PSHT di Timor Leste menginformasikan lebih dari 9.000 orang siap disahkan menjadi pendekar baru PSHT, Pengesahan akan digelar di empat kota yaitu Dili, Bobonaro (Maliana), Baucau, dan Manufahi.

Pengesahan itu sekaligus merayakan Satu Abad berdirinya PSHT. Untuk itu Pemerintah Timor Leste akan bekerja sama dengan otoritas lokal serta pihak kepolisian untuk mengamankan kegiatan tersebut agar berjalan dengan baik.

"Pengesahan PSHT yang akan dilakukan tahun ini, kita bekerja sama dengan pihak Indonesia untuk membawa Dewan Pengesahan dari PSHT Indonesia ke Timor Leste. Ini untuk mendukung para anggota agar tidak perlu melewati perbatasan lagi," kata Sekretaris Negara SEJD, Abrao Saldanha usai bertemu dengan Duta Besar RI untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik di Lecedere, Selasa (23/8/2022), seperti dilansir media Timor Leste, Tatoli, Rabu (24/8/2022).
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2430 seconds (0.1#10.140)