Hadiri Pertemuan KSAL Se-ASEAN, Laksamana Yudo Bicara Pergeseran Geopolitik

Selasa, 23 Agustus 2022 - 02:18 WIB
loading...
Hadiri Pertemuan KSAL Se-ASEAN, Laksamana Yudo Bicara Pergeseran Geopolitik
Laksamana TNI Yudo Margono berbicara mengenai pergeseran peta geopolitik global dalam forum perrtemuan KSAL se-ASEAN di Bali.
A A A
JAKARTA - Para Kepala Staf dan petinggi Angkatan Laut negara Asia Tenggara berkumpul dalam ASEAN Navy Chief”s Meeting (ANCM) ke-16 di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Senin (22/8/2022). ANCM merupakan agenda tahunan diselengarakan bergiliran oleh Angkatan Laut ASEAN.

Tujuannya untuk meningkatkan keberlanjutan kerja sama antara Angkatan Laut anggota ASEAN di masa depan dan memperkuat hubungan sekaligus untuk menjaga stabilitas keamanan Kawasan.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam sambutannya mengatakan bahwa pusat pusaran geopolitik dunia pada dekade terakhir telah bergeser menuju ke Asia dan Asia Tenggara. Hal ini menjadikan kawasan ASEAN semakin bernilai strategis dan dengan geografi yang sebagian besar adalah laut dan perairan, maka peran angkatan laut negara-negara ASEAN menjadi semakin penting.

Baca juga: Hary Tanoe Apresiasi Kunjungan KSAL

“Navy Brotherhood” lebih dari hanya sekedar slogan. “Tetapi merupakan semangat universal angkatan laut global dalam berinteraksi satu sama lain bahkan sangat efektif untuk menjaga hubungan kerja sama antar negara,” ujar kata Yudo dikutip dalam keterangannya, Selasa,(23/08/2022).

ANCM yang mengusung tema “The Roles of ASEAN Navies in Adressing Maritime Challenges” ini akan dilaksanakan hingga 24 Agustus 2022. Agenda meeting dibagi dalam beberapa sesi pembahasan diantaranya Future host of Asean Navy Training Experience Exchange Programe (ANTEEP) oleh delegasi IFC, Working Group Road Map ANCM 2024-2032 oleh Delegasi TNI AL, Implementing Concept Guidelines Maritime Interactions oleh Delegasi PN, Discussion on the future of ASEAN Multilateral Naval Exercise oleh RSN.



Sesi selanjutnya juga dibahas 4th Multilateral Naval Exercise Komodo 2023, International Cadet Seminar 2023 dan Asean Cadet Sail 2023 oleh TNI AL, IMDEX oleh RSN, Asean Navy Young Officers Interaction (ANYOI) oleh delegasi RBN dan Asean Maritime Naval Exercise Plus sekaligus presentasi oleh PN selaku Tuan Rumah ANCM ke-17.

Di sela-sela kegiatan juga diagendakan bilateral meeting antara para pemimpin Angkatan Laut negara ASEAN dan Gala Dinner serta kegiatan Spouse dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata seperti Istana Tampak Siring, Museum D’Blanco, Rumah Makan Bebek Tepi Sawah, Bali Art Center dan beberapa tempat wisata lainnya.
(muh)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1136 seconds (10.55#12.26)