Bharada E Jadi Justice Collaborator, LPSK Akan Koordinasi dengan Kejagung

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 20:10 WIB
loading...
Bharada E Jadi Justice Collaborator, LPSK Akan Koordinasi dengan Kejagung
LPSK akan melakukan koordinasi dengan pihak Kejagung terkait posisi Bharada E yang menjadi Justice Collaborator (JC) dalam kasus dugaan pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK ) akan melakukan koordinasi dengan pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait posisi Bharada E yang menjadi Justice Collaborator (JC) dalam kasus dugaan pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J. Hal ini menyusul berkas perkara tahap satu yang telah dilimpahkan dari Polri ke Kejagung.

"Pasti. LPSK akan koordinasi ke kejaksaan. Kita sampaikan yang bersangkutan (Bharada E) dalam perlindungan LPSK, sebagai terlindung LPSK posisi sebagai JC. Maka itu kami sampaikan tentang hak-hak selamat orang JC dalam proses hukum," ujar Juru Bicara LPSK, Rully Novian, Jumat (19/8/2022). Baca juga: Putri Candrawathi Tersangka, LPSK: Hasil Investigasi Kami Memang Mengarah ke Sana



Rully memastikan pihaknya terus memberikan perlindungan kepada Bharada E selama proses hukum tersebut. Bahkan, LPSK juga disebut selalu intens berkomunikasi dengan Bharada E pasca dirinya dipastikan menjadi Justice Collaborator.

"Kami sudah memberikan perlindungan kepada yang bersangkutan tentu kami intens berkomunikasi. Kami intens mendampingi termasuk dengan kemarin diperiksa Komnas, LPSK juga mendampingi itu. Karena dia sudah jadi terlindungi LPSK, setiap proses yang diterapkan kepadanya LPSK selalu mendampingi. Selain pengamanan perlindungan secara fisik," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, berkas tersangka Irjen Ferdy Sambo telah dilimpahkan tahap satu dari Bareskrim Polri ke Jampidum Kejaksaan Agung. Tidak hanya Sambo, 3 tersangka lain yakni Richard Eliezer atau Bharada E, Kuat Maruf, dan Bripka Ricky Rizal juga telah dilimpahkan.

Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana mengatakan berkas diserahkan ke pihaknya pada Jumat (19/8/2022) hari ini pukul 14.30 WIB. Baca juga: Berkas Ferdy Sambo dan 3 Tersangka Lainnya Dilimpahkan ke Kejagung

"Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung telah menerima pelimpahan Berkas Perkara Tahap 1 dari Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Polri atas nama 4 orang tersangka," kata Ketut.
(kri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1548 seconds (11.97#12.26)