Putri Candrawathi Tersangka, LPSK: Hasil Investigasi Kami Memang Mengarah ke Sana

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 19:56 WIB
loading...
Putri Candrawathi Tersangka, LPSK: Hasil Investigasi Kami Memang Mengarah ke Sana
LPSK mengaku tak kaget ketika mendengar kabar Putri Candrawathi ditetapkan tersangka oleh Bareskrim Polri atas kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengaku tak kaget ketika mendengar kabar Putri Candrawathi ditetapkan tersangka oleh Bareskrim Polri atas kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Hal ini merujuk terhadap analisis yang dilakukan LPSK.

"Enggak (kaget). Bukan prediksi ya. Sesuai fakta, sesuai informasi dan analisis LPSK. Berdasarkan sumber-sumber informasi yang dapat dipercaya, hasil investigasi LPSK itu menunjukkan memang ada potensi ke sana (tersangka)," ujar Juru Bicara LPSK Rully Novian kepada wartawan, Jumat (19/8/2022). Baca juga: Berkas Ferdy Sambo dan 3 Tersangka Lainnya Dilimpahkan ke Kejagung



LPSK, kata Rully, sejatinya tidak mencampuri urusan mengenai penetapan tersangka oleh polisi. Namun, penolakan perlindungan yang diajukan Putri kepada LPSK merupakan bentuk kesamaan analisis yang dimaksud.

"Penyidik punya keterangan alasan mengapa menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka. Hal itu sebetulnya juga kalau dibilang ada hubungan dengan LPSK juga nggak ada sebetulnya. Tapi dalam konteks dalam saksi korban sudah ditolak oleh LPSK," jelas dia.

"Kami menemukan banyak informasi hal-hal yang kurang berkesesuaian dengan peristiwa. Maka dari itu, kemarin kami menolak (permohonan perlindungan LPSK)," imbuhnya.

LPSK, lanjut Rully, masih membuka Putri Candrawathi mengajukan perlindungan terhadap LPSK usai ditetapkan sebagai tersangka layaknya Bharada E sebagai Justice Collaborator. Hanya saja, LPSK masih belum bisa menilai keterangan apa yang dapat diberikan Putri dalam kasus ini.

"Keterangan apa yang mau dia sampaikan? Kalau keterangannya sudah diperoleh dari semua orang, ya untuk apa lagi keterangan dia," jelas dia. Baca juga: Polri Tetapkan 35 Polisi Jadi Terduga Pelanggar Kode Etik Kasus Brigadir J

"Dilihat dulu situasinya. Atau misalnya potensi lagi misalnya. Kemudian ternyata ada peristiwa-peristiwa yang belum terungkap yang menempatkan Ibu PC sebagai saksi korban atau saksi kunci misalnya. Kan kita belum tahu juga perkembangannya seperti apa. Tentu ruang itu masih ada. Untuk proses yang ada saat ini, kecil kemungkinan," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3494 seconds (0.1#10.140)