Profil Prada Sandhi Wiratama yang Gugur di Papua Akibat Kelalaian Penggunaan Senjata

Minggu, 14 Agustus 2022 - 07:34 WIB
loading...
Profil Prada Sandhi Wiratama yang Gugur di Papua Akibat Kelalaian Penggunaan Senjata
Prada Sandhi Wiratama gugur di Papua pada Kamis pekan lalu, 4 Agustus 2022 akibat kelalaian penggunaan senjata oleh prajurit lainnya. FOTO/FACEBOOK SANDHI WIRATAMA
A A A
JAKARTA - Prada Sandhi Wiratama gugur di Papua pada Kamis pekan lalu, 4 Agustus 2022. Anggota Pos Balingga Satgas Yonif Mekanis 203/AK Kabupaten Lanny Jaya itu tertembak di bagian belakang kepalanya akibat kelalaian penggunaan senjata oleh prajurit lainnya.

Peristiwa ini bermula ketika 12 personel Pos Balingga melaksanakan patroli pengambilan air. Salah satu prajurit mengambil senjata SPR 3 untuk melindungi personel lain.

Selesai patroli, senjata SPR 3 kembali dikosongkan. Salah satu prajurit mengajarkan kepada teman-temannya cara mengosongkan senjata itu.

Baca juga: Kronologi Prada Sandi Wiratama Saputra Tewas Tertembak Senjata SPR 3 di Kepala

Ketika senjata SPR 3 akan dikembalikan ke tempatnya, sejumlah prajurit meminjam untuk berfoto. Prada Sandhi Wiratama termasuk salah satunya. Dia kemudian difoto oleh Pratu Leroy.

Tak mau ketinggalan Pratu Leroy juga ingin difoto bersama senjata SPR 3. Selain dari depan, ia juga meminta Prada Sandhi untuk memfotonya dari arah belakang.

Mengikuti perintah, Prada Sandhi Wiratama lalu menuju ke arah belakang dari Pratu Leroy, di mana posisi senjata SPR 3 dipanggul oleh Pratu Leroy dengan laras menghadap ke belakang.

"Tiba-tiba senjata itu meletus dan mengenai bagian kepala belakang Prada Sandi Wiratama," kata Komandan 172 Korem Praja Wira Yakti, Brigjen JO Sembiring pada Jumat, 5 Agustus 2022.

Atas peristiwa itu, Danpos Balingga Dansatgas Yonif Mekanis 203/AK Lettu Inf Faisal Ramadan Karo-Karo memerintahkan 1 Tim Sus Dpp Lettu Inf Dawut (Pasiops Satgas) beserta dokter untuk mengevakuasi jenazah Prada Sandhi menuju RSUD TIOM.

Jenazah Prada Sandhi disemayamkan terlebih dahulu di Yonif 756 Wamena sebelum dipulangkan ke Cariuk, Bogor untuk dimakamkan.

Profil Prada Sandhi Wiratama
Mengutip dari akun Facebook pribadi, nama lengkapnya Sandhi Wiratama Saputra. Warga Kampung Cariu, RT 002/001, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu menamatkan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 1 Cariu.

Dari status dan foto-foto yang dibagikan, Sandhi Wiratama diketahui menyukai dunia militer. Keinginan besar menjadi prajurit TNI ditunjukkan dengan olahraga dan latihan fisik rutin.

Sandhi Wiratama yang lulus SMA pada 2017 itu akhirnya meraih impiannya menjadi prajurit TNI AD pada 2021. Untuk pertama kalinya, ia membagikan foto berseragam TNI dengan sebuah caption penuh kebanggaan.

"Percayalah pekerjaan yang sekarang kamu jalani, adalah dambaan orang banyak...," tulis Sandhi Wiratama di status Facebooknya pada 17 September 2021.

Sebelum di Papua, Prada Sandhi sempat bertugas di Kodam Jaya. Sekitar Juni 2022, ia ditugaskan ke Kabupaten Lanny Jaya, Papau. Prajurit yang terlihat supel itu merupakan bagian dari Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning (Yonif Mekanis 203/AK) dan ditempatkan di Pos TNI Balingga.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)