Top! Kinerja Prabowo di Pemerintahan Kian Dipercaya Rakyat, Bidang Pertahanan Raih Peringkat Tertinggi

Kamis, 11 Agustus 2022 - 14:49 WIB
loading...
Top! Kinerja Prabowo di Pemerintahan Kian Dipercaya Rakyat, Bidang Pertahanan Raih Peringkat Tertinggi
Presiden Jokowi memberikan tanda jempol kepada Menhan Prabowo Subianto dalam sebuah kesempatan. FOTO/MNC MEDIA
A A A
JAKARTA - Kinerja pemerintah di bidang pertahanan meraih peringkat tertinggi. Demikian hasil jajak pendapat yang dilakukan Indonesia Polling Stiation (IPS) tentang Perkembangan Kinerja Pemerintah yang dirilis, Rabu (10/8/2022).

Survei IPS dilakukan pada 1 hingga 8 Agustus 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi survei IPS kali ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun.

Sampel sebanyak 1.220 responden, dengan margin of error +/- 2,8 % dan tingkat kepercayaan 95%. Sementara itu, teknik pengambilan sampel dilakukan secara probability dengan teknik acak bertingkat (multistage random sampling).



Peneliti senior IPS, Alfin Sugianto menjelaskan, berbagai bidang kinerja pemerintah ditanyakan kepada responden. "Hasilnya, bidang pertahanan keamanan memperoleh tingkat kepuasan tertinggi, yakni sebesar 68,7%, sedangkan yang terendah adalah dalam bidang penegakan hukum," kata peneliti senior IPS Alfin Sugianto dalam paparannya.

Angkanya, kata Alfin, sebesar 47,3% responden yang mengaku puas terhadap kinerja pemerintah di bidang penegakan hukum. Dia menjelaskan, salah satu faktor yang menyebabkan publik kurang puas di bidang penegakan hukum adalah kasus penembakan Brigadir J di rumah petinggi Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo.

"Masalah ini mendapatkan sorotan yang luar biasa dari publik luas," tegasnya.

Baca juga: Survei Capres 2024: Capai 30%, Elektabilitas Prabowo Belum Tergoyahkan

Di luar survei ini, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kerap mendapatkan penilaian publik sebagai menteri dengan kinerja terbaik. Lembaga survei Political Weather Stations (PWS) pada awal Juli lalu misalnya, merilis hasil survei terbaru tentang persepsi publik terhadap kinerja menteri-menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Hasilnya, Prabowo dinilai sebagai menteri dengan kinerja terbaik dengan tingkat kepercayaan publik 15,1%.

Selain itu, dalam survei PWS juga menunjukkan bahwa Prabowo dianggap sebagai menteri yang paling layak sebagai capres pada Pilpres 2024 dengan elektabilitas 40,5%.

Adapun dua tahun lalu, yaitu pada Oktober 2020, Prabowo didapuk sebagai menteri kinerja terbaik di Kabinet Presiden Joko Widodo dalam survei yang dirilis Indobarometer. Dalam survei itu, hampir 30% responden menyebut Prabowo sebagai menteri yang menunjukkan kinerja terbaik selama satu tahun pemerintahan. Prabowo ada jauh di atas Mendikbud Nadiem Makarim dan menteri lainnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)