Survei Capres 2024: Capai 30%, Elektabilitas Prabowo Belum Tergoyahkan

Rabu, 10 Agustus 2022 - 14:32 WIB
loading...
Survei Capres 2024: Capai 30%, Elektabilitas Prabowo Belum Tergoyahkan
Elektabilitas Prabowo sebagai capres 2024 belum tergoyahkan berdasarkan survei terakhir Indonesia Polling Stations. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024 terus mengalami peningkatan. Menteri Pertahanan itu masih bersaing ketat dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Survei terakhir Indonesia Polling Stations (IPS) pada 1-8 Agustus 2022 di 34 provinsi menempatkan Prabowo di posisi teratas sebagai capres pilihan masyarakat. Di bawah ketua umum Partai Gerindra ituada Ganjar dan disusul Anies Baswedan di urutan ketiga.



“Perkembangan elektabilitas kandidat calon presiden (capres) jelang Pilpres 2024, hasil survei IPS menegaskan bahwa jika pemilihan presiden (Pilpres) dilaksanakan saat ini, sebanyak 30,2 persen responden mengaku akan memilih Prabowo Subianto. Kemudian 19,8% responden menyatakan akan memilih Ganjar Pranowo, dan 18,9% akan memilih Anies Baswedan,” kata Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto dalam konferensi pers secara daring, Rabu (10/8/2022).

Dari survei itu juga ditemukan fakta bahwa selain kokoh di posisi pertama, Prabowo juga mengalami kenaikan elektabilitas. “Secara umum belum ada perubahan preferensi capres dibandingkan survei IPS sebelumnya. Hanya Prabowo Subianto yang mengalami peningkatan elektabilitas, sedangkan elektabilitas tokoh-tokoh lain cenderung stagnan,” jelas dia.



“Hasil survei IPS kali ini menegaskan bahwa untuk pertama kalinya elektabilitas Prabowo Subianto menembus angka 30%. Padahal selama ini Ketua Umum Partai Gerindra itu belum banyak melakukan gerakan di masyarakat dan dideklarasikan sebagai sebagai capres oleh komunitas-komunitas. Berbeda dengan kandidat lain yang sangat rajin bersolek di media sosial atau membuat deklarasi-deklarasi di akar rumput, Prabowo relatif senyap dari gegap gempita untuk menjadi capres,” lanjut dia.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)