Ingatkan Ibu Hamil Harus Tegar, Megawati: Saya Hamil Mbak Puan Klenger 7 Bulan

Senin, 08 Agustus 2022 - 21:07 WIB
loading...
Ingatkan Ibu Hamil Harus Tegar, Megawati: Saya Hamil Mbak Puan Klenger 7 Bulan
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri meminta para ibu hamil agar tegar dan tidak cengeng selama mengandung. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri meminta para ibu hamil agar tegar dan tidak cengeng selama mengandung. Dia menganggap seorang ibu harus memegang tanggung jawab besar.

Megawati bercerita ketika dewasa dan hendak menikah bahwa dirinya berjanji tetap tegar dengan memenuhi dapur kebutuhan keluarga. "Saya berjanji pada diri saya ketika menikah, saya sudah siap lahir batin, suatu saat saya akan hamil dan ada orang lain numpang di perut kita," kata Megawati dalam keterangan media, Senin (8/8/2022).

Megawati kemudian menceritakan pengalamannya saat menjadi ibu hamil anak ketiga, yaitu Puan Maharani yang saat ini menjadi Ketua DPR RI. Dia mengaku saat itu selama tujuh bulan dirinya tidak bisa banyak melakukan apa-apa.

Baca juga: Megawati Semangati Ibu Hamil, Sejak Menikah Harus Sadar Tanggung Jawabnya



"Waktu itu waktu mengandung Mbak Puan saya panggil. Tujuh bulan saya klenger. Mabok enggak bisa bangun. Kalau siang harus tutup gorden. Karena kalau kena sinar matahari keluar (muntah). Jadi seperti kalong ini tujuh bulan," kata Mega.

Seorang dokter yang kebetulan juga keluarga mengingatkan untuk tetap tegar dan terus minum, makan meskipun keluar muntah. "Jadi saya mengatakan ini agar ibu-ibu jangan cengeng siapa suruh hamil. Itu pertanyaan saya jadi harus siap lahir batin," jelasnya.

Hal tersebut disampaikan Megawati saat menjadi pembicara kunci pada Kick off Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting dan Peluncuran Buku "Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil untuk Generasi Emas Indonesia" di Jakarta.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1414 seconds (11.252#12.26)