Gabung Partai Perindo, Pengamat: Penunjukkan TGB Langkah Cerdas dan Strategis

Senin, 08 Agustus 2022 - 17:43 WIB
loading...
Gabung Partai Perindo, Pengamat: Penunjukkan TGB Langkah Cerdas dan Strategis
TGB Muhammad Zainul Majdi memberikan sambutan saat pelantikan dirinya sebagai Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo di Jakarta Concert Hall, iNews Tower Jakarta Pusat, Sabtu (6/8/2022). FOTO/AZIZ INDRA
A A A
JAKARTA - Pengamat politik Surokim Abdus Salam menilai penempatan Tuan Guru Bajang ( TGB) Muhammad Zainul Majdi sebagai Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo akan membawa dampak cukup signifikan bagi Partai Perindo sebagai partai inklusif dan modern.

Sejauh yang ia amati, Partai Perindo selama ini masih dipersepsi eksklusif dibenak para pemilih Indonesia. Namun, dengan tokoh baru TGB bergabung ke Partai Perindo akan mampu mengeser persepsi tersebut. "Ini strategi cerdas dan strategis bagi Partai Perindo menuju 2024," kata Surokim, Minggu (7/8/2022).

Surokim menjelaskan, TGB adalah tokoh nasional yang memiliki pengalaman luas dan reputasi positif serta akan mampu mengangkat citra Partai Perindo lebih masif dan meluas. "Apalagi TGB juga dikenal sebagai tokoh masyarakat dan tokoh agama yang memiliki pengikut yang cukup kuat secara kultural," katanya.



Dengan merekrut TGB, menurutnya, Partai Perindo harus mampu lolos parliamentary threshold (PT) dan itu jelas membutuhkan daya ungkit tokoh. "Keberadaan tokoh-tokoh lintas agama dan wilayah yang lebih banyak diyakini dapat menguatkan misi sebagai partai inklusif," ujar dia.

Diakuinya tokoh-tokoh nasional yang memiliki kapasitas dan reputasi tersebut akan mampu mendongkrak daya pilih Partai Perindo. Terlebih, TGB mempunyai kapasitas baik stuktural maupun simbolik untuk menjadikan Partai Perindo menarik dukungan lebih luas. Dengan begitu, Partai Perindo mempunyai peluang membangun basis wilayah dukungan lebih kuat di Indonesia Timur.

"Hal ini akan bisa menjadi modal elektoral simbolik yang bisa menguatkan citra Partai Perindo sebagai partai nasionalis dengan daya pilihnya lebih luas," ujar Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) ini.

Baca juga: TGB Gabung Partai Perindo, Waketum Ferry Kurnia: Jadikan Konsolidasi Lebih Maksimal

Diketahui, TGB Muhammad Zainul Majdi resmi menjabat Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Pelantikan TGB dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Sabtu (6/8/2022).
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0990 seconds (10.101#12.26)