Menjelajahi Bangunan Tua Jakarta lewat Tinta Cina dan Ranting

Senin, 08 Agustus 2022 - 10:03 WIB
loading...
Menjelajahi Bangunan Tua Jakarta lewat Tinta Cina dan Ranting
Menjelajahi Bangunan Tua Jakarta lewat Tinta Cina dan Ranting
A A A
JAKARTA - Pajang Karya KamiSketsa GalNas memasuki putaran ke-5, yang berlangsung mulai 4 – 28 Agustus 2022, di Bilik KamiSketsa Galeri Nasional Indonesia. Gelaran ini bisa dikunjungi publik setiap hari (kecuali hari libur nasional), pukul 10.00-15.30 WIB.

baca juga: Galeri Nasional Kembali Dibuka dengan Prosedur Kunjungan Baru

Dikuratori Zamrud Setya Negara dan Alam Wisesha, karya-karya yang dipamerkan dalam Pajang Karya kali ini adalah milik pegiat sketsa sekaligus anggota KamiSketsa GalNas, Budiman dan Heru Agus.Ada 15 karya sketsa yang akan dipamerkan, ditambah dengan satu objek tiga dimensional berbentuk figur penari, serta topeng-topeng yang akan merespons dinding outdoor yang berisikan sketsa wajah-wajah pelaku KamiSketsa GalNas.

Karya-karya Budiman menampilkan karya sketsa dengan kekuatan teknik pure black and white, menggunakan eksplorasi layer yang sangat optimal. Sementara pada karya-karya Heru Agus yang dibuat menggunakan ranting sebagai pengganti kuas, menyuguhkan kepiawaian teknik blocking warna pada bidang gambar serta cropping bentangan sketsa yang menyoroti dominasi objek sketsa yang dibuatnya.

baca juga: Menparekraf Sandiaga Apresiasi Ajang Pameran Seni Siswa Difabel

Pertemuan antara kedua karya pegiat sketsa ini akan membawa kita pada narasi tentang Jakarta sebagai tempat pertemuan sekaligus langkah awal, dari “tamu-tamu” Jakarta yang mampu memberikan dan memiliki kebermanfataan, pengaruh, dan tingkah laku yang baik terhadap Jakarta.

Menjelajahi Bangunan Tua Jakarta lewat Tinta Cina dan Ranting


“Pesona Jakarta yang tak ada habisnya, dibuktikan melalui tangan Budiman dan Agus Heru, yang bisa memunculkan pesona Jakarta dalam ‘cahaya dan warna’ yang berbeda,” kata Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto.

Pustanto mengharapkan karya-karya dalam Pajang Karya kali ini dapat membuat publik semakin terbuka dengan beragam jenis teknik, yang mampu mendorong publik mulai menekuni sketsa hingga bisa menjadi bagian dari penggiat sketsa di Indonesia.

baca juga: Menonton Pameran Seni Oppo Art Jakarta secara Virtual

Pajang Karya KamiSketsa GalNas: “Jelajah Jakarta Lewat Tinta” juga dilengkapi dengan program publik berupa Workshop “Merdeka Lewat Tinta”. Acara ini akan diselenggarakan pada Kamis, 18 Agustus 2022, pukul 10.00 WIB, di Ruang Workshop (Gedung D). Untuk mengikuti workshop ini, peserta bisa melakukan registrasi terlebih dulu melalui tautan link https://linktr.ee/galnas.

Nantinya, peserta workshop akan dipandu oleh Budiman dan Heru Agus untuk belajar membuat sketsa bangunan-bangunan yang berkaitan dengan kemerdekaan, yakni Museum Kebangkitan Nasional , Museum Sumpah Pemuda , dan Museum Perumusan Naskah Proklamasi , dengan menggunakan media tinta cina dan ranting.
(hdr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)