AAS Foundation-IAI Sulsel Gelar Sayembara Desain Masjid, Berhadiah Rp140 Juta

Minggu, 07 Agustus 2022 - 09:00 WIB
loading...
AAS Foundation-IAI Sulsel Gelar Sayembara Desain Masjid, Berhadiah Rp140 Juta
Arsiktetur Masjid Nabawi menjadi salah satu kriteria Sayembara Desain Masjid AAS Foundation. Foto: REUTERS/Amr Abdallah Dalsh
A A A
JAKARTA - AAS Foundation bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan sayembara desain masjid di Panaikang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pemikiran bahwa masjid saat ini berkembang pesat, baik secara bentuk fisik bangunan maupun fungsi dan perannya.

Selain menjadi tempat ibadah, masjid adalah sarana berkumpul, menuntut ilmu, bertukar pengalaman, pusat dakwah dan kebudayaan, pusat kaderisasi umat, dan basis kebangkitan umat Islam. Di masjid pula aktivitas sosial kemasyarakatan dilaksanakan. Inilah yang terjadi pada masa Rasulullah Muhammad SAW, yaitu di Masjid Nabawi, Madinah.

Karena itu, Sayembara Desan Masjid AAS Foundation ini diselenggarakan dengan sejumlah kriteria umum dan khusus. Salah satu kriteria khususnya adalah Mengangkat nilai-nilai Arsitektur Masjid Nabawi yang pembangunan awalnya dilakukan oleh Rasululah sendiri. Dan secara khusus menjadikan salah satu bagian masjid sebagai Museum Rasululah, yang terkoneksi dengan museum di Madinah dan Ancol, Jakarta.

Pendaftaran Sayembara Desan Masjid AAS Foundation dibuka pada 1 Agustus hingga 10 September 2022. Batas akhir penyerahan dokumen sayembara adalah 30 September 2022. Penjurian dilaksanakan dua tahap dan hasil karya sayembara akan dipamerkan pada 10 Oktober, hingga berakhir pada 13 Oktober, bersamaan dengan penyerahan Hadiah : 13 Oktober 2022.

Panitia sayembara menyediakan hadiah Rp100 juta untuk pemenang utama, Rp25 juta untuk pemenang kedua, dan Rp15 juta untuk pemenang ketiga.
(muh)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2397 seconds (11.252#12.26)