Rayakan HUT ke-10, Forum Pemred Bentuk Tim Perumus Ekosistem Media Sehat

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 19:17 WIB
loading...
Rayakan HUT ke-10, Forum Pemred Bentuk Tim Perumus Ekosistem Media Sehat
Ketua Forum Pemred Arifin Asydhad dalam pidatonya saat perayaan hari jadi Forum Pemred ke-10 bertajuk Memajukan Pers Menyatukan Bangsa, di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Jumat (5/8/2022). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) bersama Dewan Pers membentuk perumus ekosistem media guna membentuk iklim jurnalisme yang sehat dan baik.

Ketua Forum Pemred Arifin Asydhad menjelaskan, tim tersebut akan bertugas menjadi partner konstruktif sekaligus kritis bagi Dewan Pers. Tak hanya itu, tim tersebut juga akan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan dalam menyusun ekosistem media yang lebih baik dan sehat.

"Dalam momentum ulang tahun ke-10 ini, Forum Pemred kembali membentuk tim yang kami sebut Tim Perumus Ekosistem Media yang disingkat dengan Tim 10," ujar Arifin dalam pidatonya saat perayaan hari jadi Forum Pemred ke-10 bertajuk "Memajukan Pers Menyatukan Bangsa," di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: Ini Susunan Pengurus Forum Pemred 2021-2024

Arifin menjelaskan, dasar pembentukan tim tersebut atas keinginan untuk memajukan ekosistem pers. Menurutnya, dalam mengembangkan iklim pers yang sehat perlu melakukan terobosan. Pasalnya, dia merasa iklim pers saat ini terjebak dalam rezim views and click akibat kuatnya platform global.

Baca juga: Forum Pemred Daftarkan Logo dan Nama Organisasi ke Kemenkumham

Standar jurnalisme, kata Arifin, semakin merosot. Baginya, perlu ada kesadaran dari para komunitas pers untuk membangun dan mencari solusi bersama.

"Forum Pemred sudah menginisiasi pembahasan ini dengan membentuk Tim 7 dan kemudian bersama Dewan Pers meluncurkan regulasi tanggung jawab platform global untuk mewujudkan jurnalisme berkualistas. Saat ini draft sudah di tangan pemerintah. Untuk mendorong agar draft ini bisa direalisasikan sebagai regulasi yang sah," imbuhnya.

Dalam mengakselrasi draft tersebut, kata Arifin, Forum Pemred membentuk tim 10. Adapun jajaran pengurus tim tersebut berasal dari internal dan eksternal Forum Pemred.

Tim itu, dipimpin oleh Purwanto, Wakil Ketua Arif Budi Susilo, Sekretaris Irna Gustia. Sementara anggotanya ialah Kemal E Gani, Ninuk M Pambudi, Agus Sudibyo, Meta D Saputra, Irfan Junaedi, dan Gaib Maruto Sigit.

Tak hanya membentuk tim, Forum Pemred juga meluncurkan logo baru. Logo tersebut berbentuk balon percakapan. Logo dibuat oleh Eko Punto, seorang desainer dari Majalah Tempo.

Dalam acara itu, turut dihadiri oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum PKB Muhaimim Iskandar.

Perhimpunan Forum Pemred didirikan oleh para pemimpin redaksi media nasional dan daerah di Jakarta pada 18 Juli 2012. Perhimpunan bersifat independen, tidak berafiliasi pada organisasi wartawan, organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan. Perhimpunan berkomitmen memperbaiki kehidupan bangsa dan negara melalui penegakan kemerdekaan Pers yang taat pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ).
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2340 seconds (11.210#12.26)