4 Pejabat Indonesia yang Pernah Meraih Penghargaan Adhi Makayasa, dari LBP Sampai SBY

Rabu, 03 Agustus 2022 - 22:23 WIB
loading...
A A A
Saat ini, Tito Karnavian menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sebelum menjadi Mendagri, Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian pernah menempati posisi sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Pria kelahiran Palembang, 26 Oktober 1964 ini pernah mengenyam pendidikan di SMA Negeri 2 Palembang. Setelahnya, Tito masuk ke Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1987.

Tito Karnavian lulus dari Akpol dengan status lulusan terbaik, sehingga dirinya menerima penghargaan Adhi Makayasa. Mantan Kapolri ini pernah memimpin tim khusus kepolisian dan berhasil mengungkap jaringan teroris pimpinan Noordin M. Top.

3. Moeldoko

Moeldoko saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, pria kelahiran 8 Juli 1957 ini juga pernah menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 20 Mei 2013 hingga 30 Agustus 2013. Setelahnya, dia didaulat menjadi Panglima TNI pada 30 Agustus 2013 hingga 8 Juli 2015.

Dalam riwayat pendidikannya, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko merupakan alumni AKABRI tahun 1981. Kala itu, dia menjadi lulusan terbaik, sehingga mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa.

Pada 17 Januari 2018, Moeldoko ditunjuk sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Jabatannya ini bertahan hingga masa pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Baca juga : Anak Juru Parkir di Papua Memperoleh Gelar Bergengsi Adhi Makayasa

4. Susilo Bambang Yudhoyono

Selain beberapa pejabat Indonesia di atas, mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah meraih penghargaan Adhi Makayasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)