4 Pejabat Indonesia yang Pernah Meraih Penghargaan Adhi Makayasa, dari LBP Sampai SBY

Rabu, 03 Agustus 2022 - 22:23 WIB
loading...
4 Pejabat Indonesia yang Pernah Meraih Penghargaan Adhi Makayasa, dari LBP Sampai SBY
Adhi Makayasa merupakan sebuah penghargaan tahunan yang diberikan kepada lulusan terbaik akademi TNI/Polri. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Adhi Makayasa merupakan sebuah penghargaan tahunan yang diberikan kepada lulusan terbaik akademi TNI/Polri . Kriteria penilaiannya sendiri berdasarkan aspek akademis , jasmani, hingga kepribadian.

Pada 2022 ini, ada empat taruna peraih Adhi Makayasa. Mereka adalah Rafi Naufal Afriansyah dari Akmil, Elang Tri Esthi Firnanda dari AAL, Jeremia Zophie Pramudya dari AAU, dan Adira Rizky Nugroho dari Akpol.

Baca juga : Daftar Lengkap Peraih Adhi Makayasa 2022

Dalam sejarahnya, beberapa pejabat negara tercatat juga pernah meraih penghargaan ini. Berikut empat pejabat Indonesia yang pernah meraih penghargaan Adhi Makayasa :

1. Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia. Sebelumnya, pria kelahiran Simargala, Sumatera Utara, 28 September 1947 ini juga pernah menempati posisi Kepala Staf Kepresidenan RI dan Menko Polhukam RI.

Sebelum masuk dalam Kabinet Pemerintahan Presiden Joko Widodo, Luhut pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Tahun 2000-2001 saat Indonesia dipimpin Gus Dur.

Dari riwayat pendidikannya, Luhut pernah meniti ilmu di SMA Penabur. Di sana, dia juga menjadi salah satu pendiri Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI). Pada 1967, Luhut masuk Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) bagian darat.

Luhut Binsar Pandjaitan lulus dari AKABRI pada tahun 1970. Hebatnya, dia menamatkan pendidikannya dengan status lulusan terbaik, sehingga mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa.

2. Tito Karnavian

Saat ini, Tito Karnavian menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sebelum menjadi Mendagri, Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian pernah menempati posisi sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Pria kelahiran Palembang, 26 Oktober 1964 ini pernah mengenyam pendidikan di SMA Negeri 2 Palembang. Setelahnya, Tito masuk ke Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1987.

Tito Karnavian lulus dari Akpol dengan status lulusan terbaik, sehingga dirinya menerima penghargaan Adhi Makayasa. Mantan Kapolri ini pernah memimpin tim khusus kepolisian dan berhasil mengungkap jaringan teroris pimpinan Noordin M. Top.

3. Moeldoko

Moeldoko saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, pria kelahiran 8 Juli 1957 ini juga pernah menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 20 Mei 2013 hingga 30 Agustus 2013. Setelahnya, dia didaulat menjadi Panglima TNI pada 30 Agustus 2013 hingga 8 Juli 2015.

Dalam riwayat pendidikannya, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko merupakan alumni AKABRI tahun 1981. Kala itu, dia menjadi lulusan terbaik, sehingga mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa.

Pada 17 Januari 2018, Moeldoko ditunjuk sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Jabatannya ini bertahan hingga masa pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Baca juga : Anak Juru Parkir di Papua Memperoleh Gelar Bergengsi Adhi Makayasa

4. Susilo Bambang Yudhoyono

Selain beberapa pejabat Indonesia di atas, mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah meraih penghargaan Adhi Makayasa.

SBY merupakan Presiden pertama di masa Reformasi yang dipilih melalui Pemilihan Umum (Pemilu) secara langsung. Jenderal kelahiran 9 September 1949 ini menjadi Presiden Republik Indonesia sejak 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014.

Pada riwayat pendidikannya, SBY masuk ke AKABRI dan lulus pada tahun 1973. Dia mengakhiri masa pendidikannya sebagai lulusan terbaik dan menyandang penghargaan Bintang Adhi Makayasa.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)