4 Pejabat Indonesia yang Pernah Meraih Penghargaan Adhi Makayasa, dari LBP Sampai SBY

Rabu, 03 Agustus 2022 - 22:23 WIB
loading...
4 Pejabat Indonesia yang Pernah Meraih Penghargaan Adhi Makayasa, dari LBP Sampai SBY
Adhi Makayasa merupakan sebuah penghargaan tahunan yang diberikan kepada lulusan terbaik akademi TNI/Polri. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Adhi Makayasa merupakan sebuah penghargaan tahunan yang diberikan kepada lulusan terbaik akademi TNI/Polri . Kriteria penilaiannya sendiri berdasarkan aspek akademis , jasmani, hingga kepribadian.

Pada 2022 ini, ada empat taruna peraih Adhi Makayasa. Mereka adalah Rafi Naufal Afriansyah dari Akmil, Elang Tri Esthi Firnanda dari AAL, Jeremia Zophie Pramudya dari AAU, dan Adira Rizky Nugroho dari Akpol.

Baca juga : Daftar Lengkap Peraih Adhi Makayasa 2022

Dalam sejarahnya, beberapa pejabat negara tercatat juga pernah meraih penghargaan ini. Berikut empat pejabat Indonesia yang pernah meraih penghargaan Adhi Makayasa :

1. Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia. Sebelumnya, pria kelahiran Simargala, Sumatera Utara, 28 September 1947 ini juga pernah menempati posisi Kepala Staf Kepresidenan RI dan Menko Polhukam RI.

Sebelum masuk dalam Kabinet Pemerintahan Presiden Joko Widodo, Luhut pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Tahun 2000-2001 saat Indonesia dipimpin Gus Dur.

Dari riwayat pendidikannya, Luhut pernah meniti ilmu di SMA Penabur. Di sana, dia juga menjadi salah satu pendiri Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI). Pada 1967, Luhut masuk Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) bagian darat.

Luhut Binsar Pandjaitan lulus dari AKABRI pada tahun 1970. Hebatnya, dia menamatkan pendidikannya dengan status lulusan terbaik, sehingga mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa.

2. Tito Karnavian
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1647 seconds (11.97#12.26)