Hargai para Pejuang Kemerdekaan, Wapres Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan Bangsa

Senin, 01 Agustus 2022 - 21:30 WIB
loading...
Hargai para Pejuang Kemerdekaan, Wapres Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan Bangsa
Wapres KH Ma’ruf Amin mengajak masyarakat Indonesia memaknai kemerdekaan dengan menjaga agar bangsa tetap utuh. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengajak masyarakat Indonesia untuk memaknai kemerdekaan dengan menjaga agar bangsa tetap utuh. Hal ini sebagai upaya untuk menghargai para pejuang kemerdekaan.

“Kita wajib mensyukuri, menghargai dan juga berterima kasih kepada para pejuang bangsa. Karena siapa yang tidak berterima kasih kepada manusia, dia juga tidak berterima kasih kepada Allah,” kata Wapres saat memberikan tausiah pada Zikir dan Doa Kebangsaan 77 Tahun Indonesia Merdeka, Senin malam (1/8/2022).

Wapres mengatakan Allah SWT telah memberikan sinar kepada bangsa Indonesia dengan kemerdekaan. “Ini juga ada kaitannya dengan perjuangan, para pejuang bangsa untuk merebut kemerdekaan karena Allah memang akan memberikan apabila kita ada usaha, ada kerja. Allah tidak akan merubah suatu bangsa melainkan bangsa itu yang berusaha untuk merubahnya,” katanya.



Oleh karena itu, kata Wapres ketika ada usaha, ikhtiar untuk keluar dari penjajahan dengan melakukan perjuangan maka Allah SWT memberikan inayahnya dan pertolongannya untuk menjadi bangsa yang merdeka.

“Menjadi kewajiban kita adalah menjaga bangsa ini tetap utuh, tetap bercahaya. Jangan sampai ketika kita sudah berada dalam cahaya, ketika Allah memberi sinar di sekitar kita, jangan sampai Allah kemudian mencabut menghilangkan cahayanya dan meninggalkan kita dalam kegelapan. Karena apa? Karena kita saling berselisih, karena kita saling membenci dan saling bermusuhan,” tambahnya.

“Kalau itu terjadi pasti cahaya terang yang kita dapatkan kemerdekaan ini tentu akan kembali gelap. Ini adalah kewajiban kita semua,” kata Wapres.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)