Kiswah Resmi Diganti, Ini Wajah Baru Kakbah

Sabtu, 30 Juli 2022 - 16:50 WIB
loading...
Kiswah Resmi Diganti, Ini Wajah Baru Kakbah
Kiswah (kain penutup) Kakbah resmi diganti dan berikut ini wajah baru Kakbah. Biasanya kiswah Kakbah diganti pada 9 Dzulhijjah pada saat jamaah haji wukuf. Foto/Dani Adil/MPI
A A A
MAKKAH - Kiswah (kain penutup) Kakbah resmi diganti dan berikut ini wajah baru Kakbah. Biasanya kiswah Kakbah diganti pada 9 Dzulhijjah pada saat jamaah haji melakukan wukuf di Arafah.

Namun karena perintah Raja Salman, kini kiswah Kakbah diganti pada 1 Muharram 1444 Hijriah.
Proses penggantian kiswah cukup memakan waktu hampir 12 jam sampai benar-benar kiswah tersebut menutupi empat sisi Kakbah.

Proses penggantian kiswah Kakbah dimulai usai shalat Isya di Masjidil Haram Jumat 29 Juli 2022 sekitar pukul 21.30 Waktu Arab Saudi (WAS) atau Sabtu 30 Juli 2022 pukul 01.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Seluruh proses penggantian kiswah Kakbah akhirnya selesai sekira pukul 10.00 WAS, Sabtu (30/7/2022). Penggantian kiswah Kakbah menjadi tontonan bagi para jamaah haji di area mataf yang melakukan tawaf.

Bahkan, tawaf sempat berhenti beberapa menit pada saat detik-detik penggantian kiswah Kakbah sebelum akhirnya jamaah haji kembali melakukan tawaf.

Kiswah Kakbah pun menjadi kain termahal di dunia. Setiap tahunnya kiswah Kakbah diganti dengan biaya sekira 25 juta riyal atau setara Rp100 miliar.

Bahan itu terdiri dari 760 kilogram (kg) sutra dari Italia serta 120 kg emas dan 100 kg perak dari Jerman. Kiswah penutup Kakbah berukuran 6,3 meter x 3,3 meter.

Di dalamnya tertera tulisan beberapa ayat Al-Qur'an dan Asmaul Husna, dalam bentuk yang berbeda-beda, ada yang kotak, panjang dan lainnya.

Sebagai tempat pembuatan Kiswah Kakbah, Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Mustarrafah adalah salah satu pusat peradaban di Makkah. Di dalamnya, tergabung sekitar 220 teknisi, seniman Arab Saudi yang ikut bekerja dalam membuat kiswah.

"Di sini adalah produksi dengan bahan yang paling mahal di dunia," kata Asisten Wakil Sekretaris Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Kakbah Al-Musyarrafah Ir Faris Al Mathrafi, di Makkah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)