Dokter Reisa Ingatkan 5 Protokol Kesehatan saat Olahraga di Tempat Umum

Minggu, 28 Juni 2020 - 18:48 WIB
loading...
Dokter Reisa Ingatkan 5 Protokol Kesehatan saat Olahraga di Tempat Umum
Tim Komunikasi Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan lima protokol kesehatan yang harus diterapkan saat melakukan olah raga di tempat umum agar tetap aman dari COVID-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tim Komunikasi Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan lima protokol kesehatan yang harus diterapkan saat melakukan olah raga di tempat umum agar tetap aman dari COVID-19.

“Dalam kondisi adaptasi kebiasaan baru, olahraga yang dilakukan bersama dan menggunakan sarana umum akan mulai meningkat lagi. Silahkan saja olahraga di tempat umum, namun perhatikan lima hal berikut ini,” ujarReisa di Media Center Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Minggu (28/6/2020). (Baca juga: Kasus COVID-19 Bertambah 1.198, Yuri: Protokol Kesehatan Belum Dilaksanakan dengan Baik)

Lima hal yang harus diperhatikan yakni yang pertama olahraga sebaiknya dilakukan tanpa berpindah tempat. “Atau olahraga dilakukan dengan posisi sejajar dan berjarak minimal 2 meter dengan orang lain,” kata Reisa.

Kedua, untuk olahraga jalan kaki usahakan jaraknya kurang lebih 5 meter dengan orang di depannya. “Sedangkan untuk yang berlari, sebaiknya berjarak kurang lebih 10 meter dengan orang di depannya. Untuk yang bersepeda jaga jarak kurang lebih 20 meter dengan orang di depannya,” jelas Reisa. (Baca juga: Update Kasus COVID-19: Positif 54.010 Orang, 22.936 Sembuh dan 2.754 Meninggal)

Yang kelima, kata Reisa setelah berolahraga harus ingat untuk selalu segera cuci tangan, mandi, ganti pakaian, bersihkan seluruh alat olahraga dan barang bawaan. “Seperti handphone, kacamata, tas dan barang lainnya dengan cairan disinfektan,” tegasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)