Menengok Pembuatan Kiswah Kakbah di Makkah, Habiskan Biaya Rp100 Miliar

Kamis, 28 Juli 2022 - 06:41 WIB
loading...
Menengok Pembuatan Kiswah Kakbah di Makkah, Habiskan Biaya Rp100 Miliar
Biaya pembuatan kiswah (kain penutup) Kakbah di Makkah, Arab Saudi mencapai 25 juta Riyal Saudi atau sekitar USD6,66 juta (Rp100 miliar). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Biaya pembuatan kiswah (kain penutup) Kakbah di Makkah, Arab Saudi mencapai 25 juta Riyal Saudi atau sekitar USD6,66 juta (Rp100 miliar). Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Kakbah Al-Mustarrafah sebagai tempat pembuatan Kiswah Kakbah adalah salah satu pusat peradaban di Makkah.

Di dalamnya, tergabung sekitar 220 teknisi, seniman Arab Saudi yang ikut bekerja dalam membuat kiswah. "Di sini adalah produksi dengan bahan yang paling mahal di dunia. Setiap tahun biaya 25 juta riyal Arab Saudi," ujar Asisten Wakil Sekretaris Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah Ir Faris Al Mathrafi, di Makkah, Rabu (27/7/2022).

Hal itu disampaikan Faris saat menerima kunjungan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief. Hadir juga, Mudir 'Aam atau Dirjen Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah Faishal Al-Madany, serta Dirjen Kehumasan dan Media Ahmad Al-Suheiry.





Ikut mendampingi Dirjen PHU, Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam dan Kadaker Makkah M Khanif. Bahan pembuatan kiswah Kakbah terdiri dari 760 kilogram (kg) sutera yang berasal dari Italia, 120 kg emas, dan 120 kg perak dari Jerman.

"Waktu pembuatan kiswah ini 8-10 bulan secara keseluruhan sampai bentuk seperti ini," ujarnya.

Dirjen Kehumasan dan Media Majma' Malik Abdul Aziz Ahmad Suheiry menjelaskan bahwa Kiswah pernah dibuat di Mesir dan India, sebelum akhirnya diproduksi di Makkah Al-Mukarramah. Dirjen PHU mendapat kesempatan untuk menyulam benang emas pada salah satu tulisan arab Kiswah yang akan dipasang pada 1 Muharram 1444 H.

Bagian yang disulam Hilman adalah tulisan Arab yang nantinya akan terpasang di dekat Hajar Aswad. Sebelum menyulam, Dirjen PHU dan rombongan mendapat penjelasan dari salah satu penulis kaligrafi Majma' Malik Abdul Aziz, Syekh Mukhtar Alam terkait bagian Kiswah yang menjadi penutup Kabah.

Menurutnya, kiswah penutup Kabah berukuran 6,3 m x 3,3 m. Di dalamnya tertera tulisan beberapa ayat Al Quran dan Asmaul Husna, dalam bentuk yang berbeda-beda, ada yang kotak, panjang dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)