PM Kishida Tegaskan Jepang Mendukung Peningkatan Kemampuan Keamanan Maritim Indonesia

Rabu, 27 Juli 2022 - 14:49 WIB
loading...
PM Kishida Tegaskan Jepang Mendukung Peningkatan Kemampuan Keamanan Maritim Indonesia
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mendukung peningkatan kemampuan keamanan maritim di Indonesia. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida mengatakan pihaknya mendukung peningkatan kemampuan keamanan maritim di Indonesia. Hal itu disampaikannya seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor PM Jepang pada Rabu (27/7/2022).

"Pertama tama dalam rangka mengukuhkan perdamaian dan keamanan di kawasan laut yang mengelilingi Indonesia saya telah menyampaikan kepada Presiden Jokowi bahwa Jepang akan mendukung lebih lanjut peningkatan kemampuan keamanan maritim. Termasuk penelitian yang sedang dilaksanakan untuk kerja sama hibah kapal patroli. Kami juga menyambut baik memorandum kerja sama dalam bidang security maritim telah ditandatangani," ujar Jokowi dikutip dari tayangan YouTube Reuters, Rabu (27/7/2022).



Kishida juga mengungkapkan bulan depan pasukan bela diri darat Jepang akan berpartisipasi dalam latihan Garuda Shield. Hal tersebut menjadi bagian pertukaran dalam bidang pertahanan antara Jepang dan Indonesia.



"Bulan depan pasukan bela diri darat Jepang akan berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam latihan multilateral Garuda Shield yang diselenggarakan di Indonesia," kata Kishida.

Kishida mengungkapkan pada pertemuannya dengan Presiden Jokowi, dirinya berdiskusi mengenai perkembangan baru Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, kerja sama konkret yang berkontribusi dalam mewujudkan Asean Outlook Indo-Pasific. Serta huhungan bilateral yang luas termasuk energi dan investasi serta kerja sama menuju KTT G-20. "Kami juga telah berkomunikasi untuk berkoordinasi secara erat dalam setiap bidang kerja sama," ungkapnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)