MNC Peduli Berikan Edukasi dan Penyuluhan Lindungi Anak Indonesia dari Bully dan Pelecehan Seksual

Rabu, 27 Juli 2022 - 00:07 WIB
loading...
MNC Peduli Berikan Edukasi dan Penyuluhan Lindungi Anak Indonesia dari Bully dan Pelecehan Seksual
MNC Peduli memberikan eedukasi dan penyuluhan kepada anak dan orang tua tentang bullying dan pelecehan seksual. Foto: MNC/Erfan Maaruf
A A A
DEPOK - MNC Peduli menggelar acara pembagian sembako serta edukasi terhadap anak dan penyuluhan terhadap orang tua tentang pelecehan seksual di Cimanggis, Kota Depok. Edukasi dengan bercerita diberikan untuk memberikan perlindungan terhadap anak agar tidak menjadi korban bullying dan pelecehan seksual.

Head Of CSR MNC Peduli Teuku Hafiz mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangkaian Hari Anak Nasional (HAN) dengan mengandeng Gerakan Satu Rumah Satu Pendongeng. Kegiatan untuk memberikan edukasi tentang perlindungan terhadap anak atas bullying dan pelecehan seksual.

"Kita memberikan edukasi terhadap anak untuk menjadi korban bullying dan pelecehan seksual," kata Hafiz kepada wartawan, Selasa (26/7/2022).



Dia meyakini dengan memberikan edukasi tersebut dapat memberikan perlindungan terhadap anak agar terhindar dari bullying dan pelecehan seksual yang dapat dilakukan orang lain atau orang yang dikenal bahkan keluarga. Selain itu penyuluhan juga diberikan kepada orang tua khususnya ibu yang menjadi orang terdekat anak.

Lebih lanjut dia menganggap bahwa edukasi dan penyuluhan tersebut akan lebih diterima jika disampaikan dengan cara bercerita. "Kami menggandeng gerakan Satu Rumah Satu Mendongeng supaya dapat memberikan sedikit penyuluhan mengenai perlindungan anak kepada ibu- bu yang dibalut dengan dongeng. Jadi inti kegiatannya bisa masuk tanpa harus dengan keseriusan," jelasnya.

Pendongeng dari Gerakan Satu Rumah Satu Pendongeng Resha Rashtrapatiji mengatakan, mendongeng merupakan salah satu cara agar mewujudkan komunikasi yang positif. Setiap masalah komunikasi di rumah baik antara anak dan orang tua dapat terurai dengan baik.

"Berharap anak-anak setelah ini mau cerita tetang yang dialami kemudian ibu menerima dan memvalidasi perasaan itu," jelasnya.



Dia meyakini dongeng dapat menjadi media penyampaian pesan terhadap anak tanpa memaksa dan dapat diterima lebih baik oleh anak. Dia berharap anak Indonesia ke depan lebih berani dan orang tua lebih menerima keluhan anak.

Salah satu peserta bernama Sukmawati mengaku sangat senang dan merasa menerima banyak manfaat atas edukusi yang dilakukan oleh MNC Peduli bersama Satu Rumah Satu Pendongeng. Dia mengaku baru mengetahui cara agar anak tidak menjadi korban bullying dan pelecehan seksual sekaligus menjadi teman cerita seorang anak.

"Sebelumnya belum tau jadi tahu mengajari anak-anak untuk menolak dengan orang yang tidak di kenal. Jadi ini sangat bagus sekali," jelasnya

Ketua RT 004 RW 011 Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis Fatkun Muin mengaku sangat senang dengan terselenggaranya acara tersebut. Selain memberikan bantuan sembako MNC Peduli juga memberikan edukasi yang bermanfaat untuk masyarakat. "Semoga kegiatan ini terus berlanjut hingga ke RT seluruh Indonesia," pungkasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)