Waspada! BNPB Sebut Ada Potensi Peningkatan Karhutla di Sumatera dan Kalimantan

Selasa, 26 Juli 2022 - 09:37 WIB
loading...
Waspada! BNPB Sebut Ada Potensi Peningkatan Karhutla di Sumatera dan Kalimantan
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan ada potensi kenaikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sumatera dan Kalimantan dalam sepekan terakhir. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan ada potensi kenaikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sumatera dan Kalimantan dalam sepekan terakhir.

“Di wilayah Sumatera dan Kalimantan banjir mulai berkurang namun mulai ada peningkatan kejadian kebakaran hutan,” ungkap Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dikutip dari keterangan resminya, Selasa (26/7/2022).

Aam sapaan akrabnya mengatakan dalam sepekan terakhir sudah tidak ada lagi kejadian banjir di wilyah Sumatera dan Kalimantan. “Tidak ada kejadian banjir minggu ini tetapi mulai ada peningkatan kejadian kebakaran hutan.”

Dia juga mengatakan secara umum dalam sepekan terakhir BNPB mencatat terjadi 18 kejadian kebakaran hutan dan lahan. Meskipun di satu sisi, di sebagian wilayah Indonesia masih berada pada musim penghujan.

BNPB, kata Aam, mencatat 53,8 hektar lahan terbakar. “Dalam kurun waktu 1 minggu ini ada 53,8 hektar lahan yang terbakar,” ucapnya.

Meski begitu, Aam mengingatkan agar tetap fokus dan waspada pada kedua bencana baik hidrometeorologi basah yang masih berpotensi terjadi meskipun kini masuk musim kemarau. Baca juga: BNPB Catat 39 Kali Bencana dalam Sepekan Terakhir

“Tapi tentu saja fokus kita masih tetap harus menangani dua bencana ini hidrometeorologi basah dan hidrometeorologi kering,” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3271 seconds (0.1#10.140)