Panglima Pastikan Dokter TNI Terlibat Autopsi Ulang Brigadir J

Minggu, 24 Juli 2022 - 15:28 WIB
loading...
Panglima Pastikan Dokter TNI Terlibat Autopsi Ulang Brigadir J
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memastikan salah satu dokter TNI yang bertugas di RSPAD Gatot Soebroto akan terlibat dalam autopsi ulang jenazah Brigadir J. Foto: MNC/Felldy Utama
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memastikan ada dokter dari TNI yang akan ikut terlibat dalam autopsi ulang atau ekhumasi Brigadir Nopryansyah atau Brigadir J. Hal ini disampaikan Andika di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7/2022).

"Kami sudah diberi tahu oleh Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia. Dan perhimpunan ini sudah juga memilih salah satunya dokter TNI," kata Andika.

Andika mengatakan seorang dokter TNI berinisial Dokter F ini berdinas di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Nantinya, dia akan bergabung dengan tim dari Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI).

Baca juga: Tim Independen Autopsi Ulang Brigadir J Libatkan Dokter Forensik TNI

Mantan KSAD ini turut menitipkan pesan khusus kepada dokter F dalam keterlibatannya di autopsi ulang Brigadir J. "Saya akan menitipkan pesan bahwa jaga kredibilitas, kita jaga integritas, dan seterusnya. Intinya keilmuan, objektivitas itu harus prioritas kita," ujarnya

Andika menegaskan kesiapan TNI untuk membantu proses autopsi ulang Brigadir J. Bahkan, dia juga masih membuka ruang jika masih dibutuhkan bantuan tambahan sumber data manusia (SDM) atau hal lainnya menyangkut autopsi ulang ini.

"Satu saja yang diambil kami siap, mau tambahannya pun ada. Yang jelas kami siap, kami siap karena memang kami punya sumber daya manusia-nya. Kami juga punya rumah sakit-nya seandainya diperlukan," pungkasnya.



Diberitakan sebelumnya, Polri menyatakan sejauh ini ada tujuh dokter forensik yang akan terlibat dalam proses autopsi ulang atau ekhumasi Brigadir Nopryansah atau Brigadir J.

"Kalau dari perhimpunan kedokteran forensik Indonesia yang saya sudah dapatkan informasi ada 7 orang, namanya saya tidak hafal," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada awak media, Jumat (22/7/2022).
(muh)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1393 seconds (10.177#12.26)