Sejarah Akademi Militer Magelang yang Sebelumnya Berada di Yogyakarta

Minggu, 24 Juli 2022 - 12:39 WIB
loading...
A A A
Kemudian seluruh Akademi Angkatan, mulai dari Akademi Maritim Nusantara, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, dan AAK, diintegrasikan menjadi satu yaitu Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) pada tanggal 16 Desember 1965.

Akademi Militer yang berada di magelang pada akhirnya diresmikan menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia Darat (AKABRI DARAT) di tanggal 29 Januari 1957.

Akademi ini membawahi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia bagian umum dan AKABRI bagian Darat. ABRI, bagian umum mendidik taruna TK-I selama setahun. Sementara ABRI bagian darat mendidik taruna ABRI bagian Darat mulai dari TK-II hingga TK-IV.

Baca juga : Jenderal Andika Dampingi Prabowo Kunjungi Akademi Militer Magelang

Beberapa tahun setelahnya Akademi Militer Nasional Magelang diintegrasikan dengan Akademi Teknologi Angkatan Darat yang berada di Bandung pada saat itu.

Mulailah pada 14 juni 1984, Akademi Bersenjata Republik Indonesia bagian Darat berubah nama menjadi Akademi Militer (Akmil) yang dikenal saat ini.

Sementara itu Akademi Kepolisian pada akhirnya terpisah dari Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia pada 1 April 1999.

Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia berubah menjadi Akademi TNI yang terdiri dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, dan Akademi Angkatan Udara setelahnya.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2557 seconds (0.1#10.140)