Mengintip Pabrik Air Zamzam, Jamaah Haji Kaget Kalau Tahu Rahasia Ini

Kamis, 21 Juli 2022 - 17:15 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, meski air zamzam bisa dicampur dengan air biasa dan menjadi air zamzam, Al Zamazameh Corporation memastikan seluruh air zamzam yang distribusikan ke jamaah haji murni air zamzam dan bukan campuran.

"Kami bertanggung jawab kepada jamaah haji untuk air zamzam murni tidak dicampur. Kerjaan ini tidak mudah, tapi ini arahan langsung dari Raja Salman," katanya.

Sumber Air Zamzam

Manajer Bagian Kedaruratan Keselamatan Al Zamazameh Corporation, Usamah Abdullah Soleh Abduh menjelaskan soal lokasi sumber air zamzam, Diketahui, sumur air zamzam memiliki kedalaman kurang lebih 30 meter.

"Air zamzam suatu mukzizat bagi umat Islam karena sejak 4.000 tahun lalu sampai sekarang tidak berhenti mengalir," katanya.

Sumur Zamzam berasal dari zaman Nabi Ismail bin Nabi Ibrahim dan terletak di sebelah timur Kakbah Suci, di dekat halaman Masjidil Haram. "Sumur zamzam itu ada di antara makam Ibrahim dan Kakbah tapi sekarang sudah digali lebih dalam lagi agar tidak mengganggu jamaah haji," katanya.

Sementara itu, untuk Al Zamazameh Corporation mendapatkan sumber air zamzam dari Kudai, Makkah kemudian diangkut dengan mobil tangki. Jarak dari Kudai ke Al Zamazameh Corporation sekira 10 kilometer (km) dan lebih cepat dibandingkan harus disalurkan lewat pipa.

"Kenapa pabriknya jauh dari tempat pengambilan air karena di sana itu khusus untuk tempat penginapan jamaah karena membuat pabrik ini butuh luas lahan 11 ribu m2 dan daerah ini khusus untuk industri jadi tidak mengganggu jamaah haji," tukasnya.
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2186 seconds (0.1#10.140)