Mengintip Pabrik Air Zamzam, Jamaah Haji Kaget Kalau Tahu Rahasia Ini

Kamis, 21 Juli 2022 - 17:15 WIB
loading...
Mengintip Pabrik Air Zamzam, Jamaah Haji Kaget Kalau Tahu Rahasia Ini
Pabrik air zamzam Al Zamazameh Corporation, sebuah BUMD di Mekkah di bawah Kementerian Haji Arab Saudi. Foto/MCH
A A A
MAKKAH - Pabrik pengemasan air zamzam di Makkah, Arab Saudi , bernama Al Zamazameh Corporation. Ini adalah perusahaan daerah air minum (PDAM) Makkah di bawah pengawasan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Media Center Haji (MCH) 2022 berkesempatan melihat langsung pabrik tersebut.

Al Zamazameh menyediakan air zamzam untuk jamaah haji dengan botol berukuran 330 mililiter (ml). Sebelumnya pabrik dengan 820 pegawai ini mengemas air zamzam pada 20 liter. Seluruh proses pengemasan air zamzam ke botol dilakukan dengan mesin.

Managing Director Zamazemah Corporation, Hasan Mahmoud Abu Al-Faraj mengatakan, Al Zamazameh ditugasi langsung oleh Raja Salman untuk memberikan air zamzam kepada seluruh jamaah haji di seluruh dunia, termasuk jamaah haji Indonesia.

"Tahun ini ada 1 juta jamaah, jadi kami siapkan 1 liter per harinya. Maka per hari kami distribusikan 1 juta per hari dan ini hanya di Makkah saja," kata Hasan, Kamis (21/7/2022).



Hasan menambahkan, Al Zamazameh hanya mengurusi pendistribusian air zamzam untuk seluruh jamaah haji, Bukan air zamzam yang diperjualbelikan seperti halnya di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

"Ini hanya pelayanan Zamazameh untuk jamaah haji. Kami hanya distribusi ke jamaah haji," tambah Hasan.

Hasan menjelaskan, sebelum pandemi Covid-19, distribusi air zamzam untuk jamaah haji masih menggunakan galon 20 liter. Namun kini distribusi air zamzam ke jamaah haji berupa botol air ukuran 330 ml. Alasannya dengan menggunakan botol air ukuran 330 ml, jamaah bisa mudah dan leluasa membawa air zamzam ke mana saja.

"Sekarang proses distribusi kepada jamaah haji bentuknya seperti ini dibagi ke jamaah haji di hotel-hotel minimal 3 botol per hari," ujar Hasan.

Lanjut Hasan mengatakan, untuk pendistribusian air zamzam ke hotel-hotel jamaah menggunakan sistem digitalisasi yang dipantau. Hal ini bertujuan agar distribusi air zamzam tepat sasaran. Terlebih lagi, Zamazemah langsung ditugasi Raja Salman untuk mendistribusikan air zamzam kepada seluruh jamaah haji.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)