KSAD Jenderal Dudung Ajak Insan Pers Tangkal Berita Hoaks

Kamis, 21 Juli 2022 - 17:07 WIB
loading...
KSAD Jenderal Dudung Ajak Insan Pers Tangkal Berita Hoaks
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengajak insan pers untuk berperan aktif dalam menangkal penyebaran hoaks atau berita kebohongan dengan memberikan berita-berita kebenaran. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengajak insan pers untuk berperan aktif dalam menangkal penyebaran hoaks atau berita kebohongan dengan memberikan berita-berita kebenaran. Ajakan itu disampaikan Dudung selaku Ketua Dewan Pembina Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat saat membuka Rapat Kerja Pimpinan Nasional (Rapimnas) SMSI tahun 2022 di Aula A.H. Nasution, Mabesad, Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Dudung mengatakan, perkembangan teknologi dan informasi di era digital telah menghadirkan tantangan dan ancaman baru bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Era post-truth, kata Dudung, telah menandai pergeseran sosial yang melibatkan media arus utama (mainstream) dan para pembuat opini di mana fakta berkontestasi dengan hoaks dan kebohongan untuk dipercaya publik.

Oleh karena itu, kata Dudung, dengan hadirnya media sosial, maka media mainstream tidak lagi menjadi rujukan utama, sehingga menjadi tantangan bagi media siber khususnya bagi SMSI dalam menangkal pemberitaan yang mengandung unsur hoaks. “Saya berharap dengan keberadaan SMSI ini bisa menetralisir keadaan, serta dapat meng-counter berita-berita kebohongan dengan memberikan berita kebenaran,” ujarnya.

Baca juga: Ketemu 900 Babinsa, Jenderal Dudung Ungkap Sejumlah Pesan



Di hadapan 250 peserta Rapimnas SMSI tersebut, Dudung juga mengajak untuk mengembangkan jurnalisme damai yaitu menyediakan informasi yang jujur, jernih, dan seluas mungkin mengenai apa yang layak dan perlu diketahui oleh masyarakat dengan mengedepankan fakta dan kode etik jurnalistik.

“Jadikan kode etik jurnalistik sebagai asas dalam melakukan aktivitas pemberitaan, serta mengembalikan esensi jurnalistik yang ideal dengan motif menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta ikut merawat dan bersungguh-sungguh menjaga nilai-nilai ideologi Pancasila, pondasinya adalah NKRI, tiangnya adalah persatuan dan kesatuan, atapnya adalah kebinekaan,” ucap Dudung.

Lebih lanjut Dudung berpesan agar momen Rapimnas SMSI ini dapat dimanfaatkan untuk membahas hal-hal yang bersifat membangun sinergitas yang konstruktif antara media massa, Dewan Pers, KPI, pemerintah, dan masyarakat. Dalam Rapimnas SMSI 2022 ini, Dudung dianugerahi Pim Emas yang disematkan langsung oleh Firdaus selaku Ketua Umum SMSI, sekaligus menjadi saksi dalam Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara SMSI dengan Pusat Sandi dan Siber TNI Angkatan Darat (Pussansiad).

Adapun salah satu materi dalam Rapimnas di antaranya Bimtek News Room dan diskusi terbatas yang disampaikan oleh Danpussansiad Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie, serta kegiatan bedah buku Kasad yang berjudul “Loper Koran Jadi Jenderal, Seni memimpin Jenderal TNI Dudung Abdurachman.” Turut hadir dalam acara pembukan Rapimnas, para pejabat utama TNI AD, Ketua Dewan Pers Azyumadi Azra, Ketua Umum PWI Atal S. Depari, Dewan Pertimbangan SMSI Budiman Sudjatmiko, para Dewan Pakar, Pembina dan Penasihat SMSI pusat.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1427 seconds (10.55#12.26)