Mengenal 3 Puspa Bunga Nasional yang Dimiliki Indonesia

Selasa, 19 Juli 2022 - 20:43 WIB
loading...
Mengenal 3 Puspa Bunga Nasional yang Dimiliki Indonesia
Bunga Padma Raksasa (Rafflesia arnoldi) ditetapkan sebagai Puspa Langka. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Tiga Puspa Bunga Nasional yang dimiliki Indonesia patut diketahui oleh masyarakat umum. Tiga bunga itu telah ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional.

Penetapan tiga puspa bunga nasional itu dilatarbelakangi alam Indonesia yang memiliki beragam jenis flora dan fauna yang menarik dan langka. Status bunga nasional menjadi kebanggaan bangsa dan harus dilestarikan agar tidak punah.

Lantas apa saja 3 puspa bunga nasional Indonesia itu? Berikut ulasannya:



1. Bunga Melati (Jasminum sambac) sebagai Puspa Bangsa
Mengenal 3 Puspa Bunga Nasional yang Dimiliki Indonesia


Sebagai Puspa Bangsa, bunga melati memiliki aroma semerbak dan bentuk yang indah. Di Indonesia, bunga ini biasa digunakan sebagai obat tradisional. Kandungan di dalamnya diketahui bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Pada kebudayaan Indonesia, bunga ini memiliki banyak makna. Selain melambangkan kesucian, bunga melati bermakna kecantikan dengan keindahan dan aroma wanginya. Sebagian orang juga menganggap bunga ini sebagai simbol kesucian dan ketulusan. Hal inilah yang membuatnya kerap digunakan pada prosesi upacara keagamaan maupun pernikahan.

2. Bunga Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai Puspa Pesona
Mengenal 3 Puspa Bunga Nasional yang Dimiliki Indonesia


Bunga anggrek bulan disebut sebagai Puspa Pesona. Dalam sejarahnya, bunga ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli Botani Belanda, Dr CL Blume. Umumnya, jenis bunga ini tersebar dari Indonesia, Malaysia, Filipina, hingga Australia.

Phalaenopsis amabilis hidup secara epifit dengan menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan dan tumbuh subur hingga 600 meter di atas permukaan laut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2044 seconds (11.252#12.26)