Menag Yaqut Janji Perjuangkan Penambahan Air Zam-Zam Lebih 5 Liter Tahun Depan

Senin, 18 Juli 2022 - 07:19 WIB
loading...
Menag Yaqut Janji Perjuangkan Penambahan Air Zam-Zam Lebih 5 Liter Tahun Depan
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan dirinya akan berjuang agar tahun depan jamaah Indonesia bisa mendapatkan air zam-zam lebih dari 5 liter. Foto/Kemenag
A A A
ARAB SAUDI - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan dirinya akan berjuang agar tahun depan jamaah Indonesia bisa mendapatkan air zam-zam lebih dari 5 liter. Sebab menurutnya jatah air zam-zam jamaah haji Indonesia sebanyak 5 liter dirasa tidak cukup.

“Kita akan perjuangkan. Saya sudah komunikasi dengan berbagai pihak. Dengan Pak Menteri Haji (Arab Saudi) juga saya sampaikan,” ujar Yaqut dikutip dalam keterangannya di Mekkah, Senin (18/7/2022). Baca juga: Menag Yaqut Ungkap Bocoran Rencana soal Kuota Khusus Haji Lanjut Usia



Yaqut mengatakan usai rangkaian haji, dirinya akan kembali ke Arab Saudi untuk bertemu Menteri Haji Arab Saudi. Salah satunya untuk minta jatah lebih zam-zam untuk jamaah Indonesia.

"Setelah semua proses ibadah selesai jamaah pulang. Saya akan kembali ke sini untuk mengikhtiarkan banyak hal salah satunya penambahan zam-zam,” jelas dia.

Dia menilai jatah zam-zam yang hanya 5 liter memang sangat tidak cukup. Hal ini yang menjadikan alasan banyak jamaah haji Indonesia tetap nekat memasukkan zam-zam ke dalam koper.

“Mengapa jamaah memaksa bawa zam-zam masuk ke dalam koper? Karena lima liter terlalu sedikit. Kalau memandang jamaah Indonesia sama dengan yang lain tentu berbeda. Kita ini kekeluargaan kita dekat. Kekerabatan kita luas," tutur dia.

"Jadi kalau lima liter keluarga inti sudah habis jadi tetangga keluarga jauh tidak kebagian. Ini yang akan kita sampaikan agar jamaah haji mendapatkan porsi yang lebih banyak tentu juga sesuai aturan penerbangan,” sambung Yaqut.

Diketahui, pemulangan gelombang pertama dilakukan mulai 15-29 Juli 2022 melalui Bandara KAIA Jeddah menuju Tanah Air. Sementara untuk gelombang kedua akan dimulai pada 30 Juli-13 Agustus 2022 melalui Bandara AMMA Madinah.

Usai tiba di Indonesia, jamaah akan singgah terlebih dahulu ke debarkasi masing-masing untuk mendapatkan 5 liter air zam-zam.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2560 seconds (0.1#10.140)