Taruna Akmil Berdarah Prancis Naik Pangkat, Raih Penghargaan Emas

Minggu, 17 Juli 2022 - 23:58 WIB
loading...
Taruna Akmil Berdarah Prancis Naik Pangkat, Raih Penghargaan Emas
Sermadatar menerima penghargaan Emas Dira Trengginas Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko. Foto/Instragram penhumas akmil
A A A
JAKARTA - Bukan hanya piawai dalam tiga bahasa, Enzo Zens Allie, taruna Akademi Militer ( Akmil ) berdarah Prancis yang videonya pernah viral, juga menorehkan prestasi. Enzo yang kini berpangkat Sermadatar meraih penghargaan Emas Dira Trengginas.

Penghargaan diberikan Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko pada saat upacara laporan korps kenaikan tingkat dan pangkat, Jum’at (15/7/2022) lalu. Dira Trengginas merupakan penghargaan untuk taruna Akmil dalam aspek jasmani.

Bagaimana reaksinya setelah menerima pengharagaan? "Di manapun dan kapanpun kita harus siap sedia serta kita harus semangat tetap berjuang terus menerus tiada henti," kata Enzo dikutip dari Instagram Penhumas Akademi Militer, Minggu (17/7/2022).

Selain Enzo, pengharagaan diberikan kepada Sermadatar Sawung Setuawan yang memperoleh Emas Tanggon Kosala (aspek sikap dan peilaku) serta Emas Ati Tanggap (aspek pengetahuan dan keterampilan) kepada Sermadatar Daffa Ihza Wahyu Perdana.



Enzo diketahui adalah Taruna yang menguasai tiga bahasa dengan fasih. Selain Indonesia, dia juga berbicara dalam bahasa Prancis dan Inggris. Enzo mengabiskan masa kecil di Prancis. Namun setelah ayahnya meninggal pada 2012, Enzo dibawa pulang ibunya ke Indonesia. Dia melanjutkan pendidikan tingkat SMP dan mondok di sebuah pesantren di Serang, Banten sebelum mendaftar masuk Akmil

Dia pun masuk Akmil dengan cukup meyakinkan. Dari hasil tes Samapta, Enzo mampu melakukan pull up 19 kali, sit up 50 kali dan push up 50 kali masing-masing dalam waktu 60 detik. Bahkan Enzo mampuu berlari 7,5 putaran X 400 meter atau 3.000 meter dalam 12 menit, renang 50 meter dalam 60 detik.



Di akademi, rupanya Enzo juga dikenal dengan prestasinya. Penghargaan Dira Trengginas yang diperolehnya tahun ini bukanlah yang pertama. Saat masih berpangkat kopral dan sersan, Enzo juga meraih penghargaan yang sama.

Bedanya, dua Dira Trengginas yang diperoleh sebelumnya adalah kategori perunggu. Baru tahun inilah, Enzo menyabet emas, bersamaan dengan kenaikan pangkatnya menjadi sermadatar.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)