Eks Napiter dan Penyintas Apresiasi Program BNPT Berbasis Pemberdayaan

Minggu, 17 Juli 2022 - 06:09 WIB
loading...
A A A
Hal serupa juga dirasakan oleh Yono. Napiter Lapas Cipinang ini bersyukur dapat diberi kesempatan ikut serta program deradikalisasi BNPT. Menurutnya, program BNPT ini mengajarkan kemampuan berwirausaha dan mendapat relasi yang sangat bermanfaat.

"BNPT sangat membantu. Pertama kita dapat link. Kedua, kita dapat bantuan walau nggak seberapa tapi sangat saya hargai. Apalagi pada situasi (selama pandemi) ini, membantu banget," ungkapnya.

Yono menerangkan, pemberdayaan BNPT sangat membantu mengembangkan bisnisnya. Dia mengenang ketika penjualan keripik singkongnya belum diberi kemasan rapi dan menarik. Omsetnya sepi.

Namun, setelah pihak BNPT memberikan saran agar menggunakan kemasan menarik, dan dia mencoba beralih kepada kemasan baru, rapi, dan menarik, omset penjualannya ikut meningkat.

"Ketika saya belum memakai packaging, omset saya masih rendah. Namun setelah pihak BNPT memberi saran, saya coba pake kemasan seperti ini, dampak terhadap omset ada. Pembeli itu merasa puas. Wiih produk bapak enak, dan juga rapi. Itu poin banget bagi saya ya karena saya jual langsung," kenangnya.

"Harapan ke depan; saya berharap kerja sama (antara BNPT) berkesinambungan karena enggak bisa lepas jaringannya. Ya kita sama-sama butuh," sambungnya.

Selain napiter, apresiasi datang dari penyintas atau korban. Fitri Sukriati dan suaminya Ruli Anwari, merasakan manfaat program pembinaan dan pemberdayaan dari BNPT.

"Bagus sekali, apalagi dalam acara HUT BNPT yang ke-12 ini, kami diundang sebagai penyintas, jadi ini sangat membantu perekonomian," ujar Fitri penyintas Bom Kedubes Australia tahun 2004.

Fitri dan suaminya sangat terbantu dengan adanya program pemberdayaan BNPT. "Perbedaannya adalah sebelumnya kita tidak ada sama sekali (pemasukan) nih, setelahnya ya alhamdulillah sangat terbantu sekali. Alhamdulillah cukup banget untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi diundang dalam event-event ini sangat membantu," terangnya.

Dia berharap, agar BNPT lebih sering lagi melibatkan para penyintas di setiap event-event BNPT. Pasalnya event BNPT akan mendongkrak penghasilan sekaligus media sosialisasi produk-produk para penyintas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2062 seconds (0.1#10.140)