Kaderisasi Berjalan Baik, PDIP Dinilai Berhasil Cetak Pemimpin Bangsa

Kamis, 14 Juli 2022 - 20:19 WIB
loading...
Kaderisasi Berjalan Baik, PDIP Dinilai Berhasil Cetak Pemimpin Bangsa
PDIP dinilai berhasil mencetak pemimpin bangsa salah satunya Ketua DPR Puan Maharani. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dinilai sebagai partai yang berhasil dalam mencetak banyak pemimpin negara. PDIP dianggap produsen pemimpin berkualitas bagi bangsa.

Pengamat politik Hendra Yasin menyebut proses kaderisasi di PDIP berjalan baik sehingga membuat banyak kader PDIP tersebar di beragam tingkat kepemimpinan di Indonesia.

"Saya lihat proses pencetakan pemimpin di PDIP berjalan baik. Dapat dikatakan PDIP berhasil memerankan fungsi parpol yang ideal sebagai produsen pemimpin bangsa," ujar alumnus Magister Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (14/07/2022).



Hendra menyebut kader PDIP dinilai loyal dan ideologis. Ini menandakan kaderisasi di PDIP bagus. Kaderisasi yang bagus, kata dia, membuat PDIP berhasil banyak mencetak kader berkapasitas untuk memimpin negara. Ini menguntungkan masyarakat karena punya banyak pilihan figur pemimpin. "Ini membuat PDIP tidak kesulitan dalam melakukan penugasan pada kadernya untuk memimpin negara," kata dia.



Dia menyebut nama Puan Maharani salah satunya. Puan punya kapasitas yang baik sebagai pemimpin. Puan matang sebagai pemimpin karena banyak pengalamannya di dunia politik. Puan, kata dia, adalah anggota DPR dan mantan menteri PMK. "Puan salah satu kader yang berkapasitas. Wajar akhirnya dia didorong maju di pilpres 2024," tegasnya.

Sebagai informasi, banyak kader PDIP yang dikenal punya kapasitas kepemimpinan yang baik. Misal Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku kepala negara yang dikenal merakyat. Kemudian, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang berhasil membawa kemajuan bagi daerahnya dan sebagainya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)