Tim Khusus Dibentuk Usut Penembakan Brigadir J, Komnas HAM: Spirit Keterbukaan

Rabu, 13 Juli 2022 - 20:49 WIB
loading...
Tim Khusus Dibentuk Usut Penembakan Brigadir J, Komnas HAM: Spirit Keterbukaan
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyambut baik pembentukan tim khusus gabungan terkait pengusutan penembakan Brigadir J di rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyambut baik pembentukan tim khusus gabungan internal dan eksternal yang dibentuk Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terkait pengusutan penembakan Brigadir J di rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

Anam menjelaskan tim khusus gabungan ini memiliki semangat keterbukaan ataupun transparansi dalam pengusutan dalam perkara tersebut. Baca juga: Usut Penembakan di Rumah Kadiv Propam, Tim Khusus Dalami Hasil TKP dan Autopsi

"Ketika kami mendengar bahwa Pak Kapolri dengan spirit keterbukaan mengumumkan membentuk tim khusus mengajak kami di eksternal, kami melihat ajakan ini spirit keterbukaan dan kepercayaan kepada Komnas HAM dan kami berterima kasih," ujar Anam dalam jumpa pers di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta Selatan, Rabu (13/7/2022).



Anam mengaku setelah mencuatnya kasus penembakan Brigadir J oleh Bharada E ini, Komnas HAM telah langsung bekerja untuk mengumpulkan fakta-fakta.

"Memang bekerjanya sejak awal mengumpulkan semua informasi yang ada khususnya dari media, maupun medsos," kata Anam.

Anam menjelaskan setelah bertemu Irwasum Polri sekaligus ketua tim khusus Komjen Agung Budi Maryoto, pihaknya akhirnya mengetahui mekanisme dan peran Komnas HAM dalam pengusutan kasus ini.

"Semangatnya Kapolri itu adalah akuntablitas dan transparansi, sekaligus juga ditekankan bahwa Komnas HAM itu bagian lembaga yang memiliki sifat independen. Sehingga ini agak khas nih, kami diajak tapi kami juga diberi kesempatan menunjukkan independensi," tutup Anam.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)