Kasus Aktif Covid-19 Naik Empat Kali Lipat, Satgas Imbau Masyarakat Waspada

Rabu, 13 Juli 2022 - 19:07 WIB
loading...
Kasus Aktif Covid-19 Naik Empat Kali Lipat, Satgas Imbau Masyarakat Waspada
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat waspada karena kasus aktiv Covid-19 meningkat signifikan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kasus positif harian Covid-19 di Indonesia terus meningkat dalam beberapa hari terakhir. Per Selasa, 12 Juli 2022, kasus positif harian menembus angka 3.361 kasus, dengan kasus aktif harian sekitar 20.000 kasus.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, angka kasus aktif ini naik empat kali lipat dari bulan lalu yang hanya mencatatkan angka sekitar 4.000 kasus aktif.

"Adanya kenaikan kasus positif dan kasus aktif ini perlu kita waspadai karena tingkat penularan di tengah masyarakat mulai kembali meningkat," kata Wiku saat konferensi pers yang disiarkan secara daring melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Rabu (13/7/2022).



Wiku melanjutkan, untuk positif rate mingguan juga mengalami kenaikan. Pada pekan kedua di Juli, positif rate mencapai 5,12%. Di mana angka tersebut sudah melewati standar WHO yaitu 5%.



"Kabar baiknya meskipun kasus positif aktif dan positif rate meningkat kasus kematian harian tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Per 12 Juli 2022 jumlah kematian harian berjumlah 8 kasus kematian meskipun tetap berada di bawah angka 10 kasus," katanya.

Untuk itu, Wiku mengimbau kepada masyarakat harus bertanggung jawab untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tetap menggunakan masker, disiplin dan rajin mencuci tangan.

"Mohon jadikan perilaku ini sebagai kebiasaan yang sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari sebagai upaya memastikan kita semua tetap dalam kondisi yang sehat," pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2062 seconds (0.1#10.140)