Menkes Minta Masyarakat Patuhi Imbauan Presiden Pakai Masker di Dalam dan Luar Ruangan

Selasa, 12 Juli 2022 - 16:54 WIB
loading...
Menkes Minta Masyarakat Patuhi Imbauan Presiden Pakai Masker di Dalam dan Luar Ruangan
Menkes Budi Gunadi Sakidin mendukung kebijakan penggunaan masker di ruang terbuka yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sakidin mendukung kebijakan penggunaan masker di ruang terbuka yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Walaupun menurutnya hanya berupa imbauan akan tetapi masyarakat diminta waspada mengingat angka Covid-19 kembali melonjak.

"Pak Presiden mengimbau karena sekarang ada kenaikan kasus lebih baik kita waspada. Jadi teman-teman kalau kerumunan kayak gini. Apalagi ada beberapa yang batuk, baik itu di dalam atau di luar ruangan, lebih baik kita pakai masker," ujar Menkes Budi usai acara Launching Inpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung KB Berkualitas di Ruang Heritage, Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (12/7/2022). Baca juga: Ikuti Arahan Jokowi, Khofifah Ajak Kembali Pakai Masker dan Perketat Prokes



Budi menyampaikan penggunaan masker baik di dalam maupun di luar ruangan merupakan tindak kewaspadaan mencegah penularan Covid-19. Hal ini pun telah sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi.

"Bapak Presiden banyak dipuji, karena memang ekonomi kita baik karena penanganan pandeminya bagus," kata dia.

Lebih lanjut, Budi menyampaikan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia yang mencapai 2.200 per harinya. Walaupun angka tersebut dinilai masih tergolong sangat baik karena berada di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) sebesar 7.800 per harinya.

"Jadi selama masih di bawah 7.800, itu standar WHO-nya masih PPKM Level 1 pakai istilah transmission indicated. Selama masih di bawah 7.800, di mata WHO kondisinya (Indonesia) masih sangat baik," tuturnya.

"Tapi kembali lagi, Bapak Presiden kan orangnya sangat waspada ya," imbuh dia.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada masyarakat untuk tetap menggunakan masker meski di luar ruangan. Hal itu dilakukan karena saat ini pandemi Covid-19 masih ada.

"Saya juga ingin mengingatkan kepada kita semuanya bahwa Covid-19 masih ada. Oleh sebab itu baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan memakai masker adalah masih sebuah keharusan," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (10/7/2022).

Jokowi juga meminta kepada pemerintah pusat dan daerah untuk terus mengawasi daerah-daerah yang interaksi masyarakatnya tinggi.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)