Profil Serda Rizal, Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB Sehari Sebelum Ulang Tahun

Selasa, 12 Juli 2022 - 16:11 WIB
loading...
Profil Serda Rizal, Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB Sehari Sebelum Ulang Tahun
Prajurit TNI menggotong jenazah Prajurit TNI AD Sertu Anumerta Mochamad Rizal Maulana Arifin saat upacara militer pemakaman di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2022). FOTO/ANTARA/Novrian Arbi
A A A
JAKARTA - Serda Rizal gugur ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua pada 27 Januari 2022. Prajurit TNI bernama lengkap Mochamad Rizal Maulana Arifin itu gugur bersama dua rekannya, Pratu Tupel Alomoan Baraza dan Pratu Rahmah Tomilawa.

Serda Rizal lahir pada 28 Januari 1998. Itu berarti tentara asal Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat itu dia meninggal sehari sebelum berulang tahun ke-24.

Sebelum berangkat ke Papua pada Agustus 2021, Serda Rizal telah bertunangan dan berencana melangsungkan pernikahan pada 2023.Sesuai jadwal, semestinya Serda Rizal pulang dari Papua pada Mei 2022.

Baca juga: KSAD Dudung Bakal Pimpin Upacara Pemakaman Serda Rizal di Bandung

Namun, Serda Rizal meninggal dunia di tengah menjalan tugas. Serda Rizal gugur tertembak KKB di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua. Jenazahnya diterbangkan dari Timika, Papua ke rumah duka kawasan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Jumat, 28 Januari 2022.

Keesokan harinya Serda Rizal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Kota Bandung. Pemakaman Serda Rizal dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Meninggalnya Serda Rizal ini membawa kesedihan mendalam bagi keluarganya. Ayah Serda Rizal, Aca Suhendar mengaku sangat kehilangan putranya tersebut. Namun ia telah mengikhlaskan Serda Rizal kembali kepada Sang Pencipta.

"Kami sangat kehilangan, namun kami sudah menerimanya. Ikhlas dan bangga, anak saya gugur dalam menjalankan tugas negara, semoga sahid," kata Aca kepada wartawan.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5029 seconds (0.1#10.140)