Hari Raya Idul Adha, Muhammadiyah Terima Kurban Jokowi Sapi Seberat 1 Ton

Sabtu, 09 Juli 2022 - 09:37 WIB
loading...
Hari Raya Idul Adha, Muhammadiyah Terima Kurban Jokowi Sapi Seberat 1 Ton
Humas dan Protokol Sekretariat PP Muhammadiyah, Zainal Abidin mengatakan, mengungkapkan Presiden Jokowi menyumbang hewan kurban kepada Muhammadiyah berupa sapi seberat 1 ton. FOTO/MPI/BACHTIAR ROJAB
A A A
JAKARTA - Warga Muhammadiyah melaksanakan Hari Raya Idul Adha 1443 pada Sabtu (9/7/2022). Meski berbeda hari dengan yang ditetapkan pemerintah, pelaksanaan salat id hingga penyembelihan hewan kurban tetap terlaksana seperti biasanya.

Humas dan Protokol Sekretariat PP Muhammadiyah, Zainal Abidin mengatakan, pada Idul Adha kali ini, banyak tokoh penting yang menyumbang hewan kurban kepada Muhammadiyah, termasuk Presiden Joko Widodo.

Zainal membeberkan, Muhammadiyah telah menerima sebanyak 31 ekor sapi dari berbagai pihak. Untuk PP Muhammadiyah, kata Zainal, telah menerima 9 ekor sapi beserta 4 ekor kambing yang di antaranya didapat dari Presiden dan Wakil Presiden.



"Kami menerima titipan pertama dari Jokowi Widodo berat sekitar 1 ton sapi, kemudian dari wapres beratnya sama 1 ton, beliau-beliau memberikan hewan terbaik," ujar Zainal di kantor Pusat Muhammadiyah, Sabtu (9/7/2022).

Zainal menuturkan, nantinya penyembelihan hewan kurban akan dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Jakarta Selatan tepatnya di Kebayoran Lama. "Di Jakarta Selatan, Kebayoran Lama. Jadi kita tempatkan di sana karena di sini memang tidak diperkenankan untuk tempat penyembelihan hewan kurban," paparnya.

Zainal menambahkan, Muhammadiyah juga menerima berbagai sumbangan hewan kurban dari beberapa instansi dan juga partai politik. Salah satunya, berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Baca juga: JIS Gelar Salat Idul Adha Besok, 3 Jalur Ini Ditutup

"Berbagai kalangan yang tentu tidak dapat kami sebutnya satu persatu karena cukup banyak dari Transjakarta, dari Bank Syariah Indonesia dari Kemendagri, dari beberapa partai seperti PDIP juga memberikan sumbangan hewan juga sapi untuk disembelih," ungkapnya.

"Semua hewan kurban itu alhamdulillah sudah dipastikan insyaAllah kesehatannya bagus dan dapat dikonsumsi dan hewan kurban tersebut sudah disalurkan ke beberapa pengurus daerah dan pengurus wilayah," katanya.

Untuk diketahui, Muhammadiyah berdasarkan metode hisab hakiki wujudul hilal telah menetapkan 10 Zulhijjah 1443 Hijriyah atau Hari Raya Idul Adha 2022 jatuh pada Sabtu, (9/7/2022) hari ini. Muhammadiyah menggelar salat Idul Adha di halaman parkir Gedung Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)