Guru Besar UGM: Kebijakan Pembangunan Era Jokowi Perkuat Kedaulatan Negara

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:07 WIB
loading...
Guru Besar UGM: Kebijakan Pembangunan Era Jokowi Perkuat Kedaulatan Negara
Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Kaelan MS mengatakan, kebijakan pemerataan pembangunan era Presiden Jokowi memperkuat kedaulatan negara. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pembangunan yang berorientasi Indonesia sentris dinilai sebagai upaya pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjaga kedaulatan negara. Sebab pemerataan pembangunan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Kaelan MS mengatakan, melihat pembangunan yang merata sangat erat kaitannya dengan upaya menjaga persatuan bangsa Indonesia yang majemuk. “Iya, itu karena kaitan dengan bagaimana kita menjaga bangsa dan negara ini yang Bhinneka Tunggal Ika,” kata Kaelan, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Jokowi Dinilai Komitmen Wujudkan Pemerataan Pembangunan melalui Dana Desa

Tidak bisa dipungkiri jika rakyat Indonesia merasakan kebermanfaatan pembangunan yang merata di segala aspek kehidupan, mulai dari infrastruktur hingga sumber daya manusia.

Baca juga: Kinerja Presiden Jokowi Dinilai Percepat Pemerataan Pembangunan Nasional

Terkait dengan stabilitas nasional yang relatif terjaga selama dua periode kepemimpinan Jokowi, Kaelan menyebut hal ini sesuatu yang bagus, apalagi di tengah arus digitalisasi yang semakin deras. “Sebenarnya cukup bagus, tapi kita di era serba digital ini harus mampu memanfaatkan itu, kalau tidak kita akan terlindas,” tukasnya.

Kaelan menambahkan, stabilitas negara di era pemerintahan Jokowi turut berimbas pada peningkatan kondusivitas keamanan serta perekonomian masyarakat.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1433 seconds (11.210#12.26)