Jokowi Dinilai Komitmen Wujudkan Pemerataan Pembangunan melalui Dana Desa

Minggu, 17 April 2022 - 16:55 WIB
loading...
Jokowi Dinilai Komitmen Wujudkan Pemerataan Pembangunan melalui Dana Desa
Kepala Badan Kota Padang Yenni Yuliza menilai, program dana desa di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai mampu mewujudkan pemerataan pembangunan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Program dana desa di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai mampu mewujudkan pemerataan pembangunan. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya infrastruktur yang dibangun berupa jalan dan jembatan di seluruh desa-desa di Indonesia. Semua itu berkat anggaran Dana Desa terus meningkat signifikan di era Jokowi.

Kepala Badan Kota Padang Yenni Yuliza mengakui jika program dana desa tersebut merupakan salah satu faktor penting terwujudnya pemerataan pembangunan di Indonesia. Menurut Yenni di berbagai daerah sudah terlihat bagaimana pembangunan sangat masif sejak adanya program dana desa di era Jokowi tersebut. “(Dana desa) sangat efektif, karena beberapa daerah di Indonesia sudah kita lihat kita buktikan bahwa akses jalan terpenuhi, pembangunan di desa,” ujar Yenni.

Yenni melihat program dana desa ini tidak hanya berdampak pada kemajuan-kemajuan pembangunan infrastruktur yang ada di desa. Namun, juga memengaruhi peningkatan ekonomi masyarakatnya. “Pemerataan ekonomi, peningkatan ekonomi masyarakat sudah dapat dibuktikan dan terlihat.” kata Yenni.

Baca juga: Jokowi Bakal Kucurkan Dana Operasional Desa Sebesar 3%

Lebih lanjut Yenni juga mengapresiasi mengenai dana desa yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Menurutnya hal itu merupakan wujud perhatian dan kepedulian Jokowi terhadap keberadaan desa.

Baca juga: Kemendes PDTT Targetkan Miliki Medium Pelaporan Real Time Dana Desa



“Komitmen Bapak Jokowi sangat besar komitmennya sangat mendukung dan itu sudah dibuktikan oleh desa-desa. Ada dana alokasi khusus desa, dan itu cukup besar yang dikelola oleh kepala-kepala nagari,” tutur Yenni.

Program dana desa di era Jokowi sendiri sudah direalisasikan sejak periode awal kepemimpinannya. Bukan hanya pembangunan jalan saja yang sudah direalisasikan, namun kebutuhan-kebutuhan masyarakat seperti 71.000 irigasi, 1,3 juta meter jembatan, 4.500 embung serta 10.300 pasar desa telah terbangun.

Selain itu, program dana desa juga berhasil membangun posyandu sebanyak 38.000 unit, polisdes 12.000, Paud 56.000, sumur, fasilitas olahraga dan masih banyak yang lainnya.

(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2423 seconds (11.252#12.26)