Survei PWS: Publik Nilai Prabowo Subianto Menteri dengan Kinerja Terbaik

Rabu, 06 Juli 2022 - 15:36 WIB
loading...
Survei PWS: Publik Nilai Prabowo Subianto Menteri dengan Kinerja Terbaik
Menhan Prabowo Subianto mendapat penilaian publik sebagai menteri dengan kinerja terbaik. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendapat penilaian publik sebagai menteri dengan kinerja terbaik. Hal tersebut berdasarkan hasil survei Political Weather Station (PWS).

Berdasarkan survei yang dilakukan PWS pada 15 hingga 28 Juni 2022, sebanyak 15,1% dari 1.420 responden menilai Prabowo merupakan menteri dalam Kabinet Indonesia Maju dengan kinerja terbaik.

Sebelumnya, PWS juga sempat merilis hasil survei serupa yang dilakukan pada Januari 2022, dan menujukkan Prabowo mendapat penilaian sebesar 15%. Artinya, Prabowo Subianto menteri yang dikenal sungguh-sungguh dalam kerja dan berprestasi itu mengalami kenaikan 1% dalam kurun waktu 5 bulan. Hal tersebut berbanding terbalik dengan menteri-menteri lain yang mengalami penurunan dari survei sebelumnya.

Baca juga: Fokus Kerja dan Tak Genit Pencitraan, Jadikan Prabowo sebagai Menteri Terbaik Versi PWS

Peneliti senior PWS Mohammad Tidzi AM mengatakan, publik menilai Prabowo Subianto merupakan sosok menteri yang sedikit pencitraan. Prabowo, kata Tidzi, lebih fokus pada kinerja dibanding sosial medianya.

Baca juga: Survei PWS: Prabowo Menteri dengan Kinerja Terbaik dan Paling Layak Jadi Capres

"Mengapa persepsi publik terhadap kinerja Menhan Prabowo Subianto tetap stabil di posisi teratas di saat secara umum tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah mengalami penurunan? Salah satu faktor utama adalah totalitas pengabdian Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan RI," kata Tidzi saat menyampaikan hasil survei yang digelar secara virtual, Rabu (6/7/2022).

"Jika sejumlah menteri lainnya dalam Kabinet Jokowi-Ma’ruf sangat rajin bersolek di media sosial untuk merebut hati publik luas dalam rangka mendongkrak popularitas dan elektabilitasnya, Prabowo justru nampak semakin minimalis hadir di media sosial," sambungnya.

Tidzi mengungkap, Prabowo merupakan salah satu bakal capres yang engagement-nya di media sosial relatif rendah. Apalagi jika dibandingkan dengan Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, dan Erick Thohir.

Tidak hanya soal sosial media, bahkan kata Tidzi, Prabowo berbeda dengan menteri lain, Prabowo tidak sibuk soal pencalonan presiden untuk Pemilu 2024. Tidzi mengatakan, di saat sejumlah menteri tengah euphoria mempersiapkan diri maju sebagai capres pada Pemilu 2024, Prabowo nampak lebih menyibukkan diri pada urusan-urusan kenegaraan terutama yang berkaitan dengan tugasnya sebagai Menhan.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1421 seconds (10.55#12.26)