Gandeng Kemenkes Peringati Asean Dengue Day 2022, Enesis Galakan PSN 3M Plus di Indonesia

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:25 WIB
loading...
Gandeng Kemenkes Peringati Asean Dengue Day 2022, Enesis Galakan PSN 3M Plus di Indonesia
Dalam peringatan Asean Dengue Day 2022, Enesis menggalakan kampanye Wujudkan Indonesia Bebas Dengue yang dilaksanakan sejak Juli hingga nanti puncaknya di Hari Nyamuk Sedunia, 20 Agustus 2022.
A A A
JAKARTA - Mengambil bagian dalam peringatan Asean Dengue Day 2022, Enesis menggalakan kampanye 'Wujudkan Indonesia Bebas Dengue' yang dilaksanakan sejak Juli hingga nanti puncaknya di Hari Nyamuk Sedunia, 20 Agustus 2022.

Sebelum Covid-19, Indonesia sudah memiliki wabah tahunan yang terus ada hingga sekarang, yaitu Demam Berdarah Dengue, diketahui hingga minggu ke 23 di 2022 secara kumulatif terlaporkan 52.313 kasus dan 488 kematian DBD, terlaporkan dari 451 kab/kota di 34 provinsi.

Edukasi kepada seluruh masyarakat di Indonesia untuk mencegah penyebaran penyakit dengue bukan hanya menjadi tugas dari pemerintah, tetapi tugas kita semua. Maka dari itu Enesis mewujudkannya dengan program Mobil Edukasi Keliling.

Seremonial pelepasan Mobil Edukasi ini dilaksanakan pada Selasa (5/7/2022), dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono, Direktur Promosi Kesehatan Masyarakat dan Pemberdayaan Masyaraka Imran Agus, Ketua Dewan Pembina Yayasan Enesis Ryan Tirta Yudhistira.

Ryan Tirta Yudhistira selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Enesis Indonesia menyatakan bahwa mobil Edukasi Keliling ini merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk memberikan imbauan kepada masyarakat tentang penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta pencegahan Dengue melalui PSN 3M Plus.
Gandeng Kemenkes Peringati Asean Dengue Day 2022, Enesis Galakan PSN 3M Plus di Indonesia

"Untuk tahap awal, mobil edukasi ini akan menyasar sekolah dasar, pasar, rumah sakit, MTI, dan Ibu-ibu PKK di beberapa kota yaitu, Bandung, Cirebon, Yogya, dan Malang, dan nanti nya secara bertahap kami akan
menyasar lebih dari 100 titik di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, para hadirin diajak untuk melihat edukasi yang akan diberikan nantinya, salah satunya adalah Uji Ampuh Nyamuk, yang diperagakan oleh artis dan aktivis sosial Jihane Elmira.

"Uji ampuh nyamuk ini memperlihatkan bahwa bila kita menggunakan Soffell, maka nyamuk-nyamuk tidak akan menggigit tangan kita. Tak disangka, Wakil Menteri Kesehatan pun turut berpartisipasi dalam kegiatan Uji Ampuh tersebut," kata Ryan.

Program Enesis pun mendapatkan dukungan dan apresiasi dari Kementerian Kesehatan, dalam sambutannya Wakil Menteri Kesehatan menyampaikan perlu diupayakan bahwa kesadaran terhadap masyarakat untuk mencegah terjadinya demam berdarah ini menjadi salah satu yang sangat penting.

"Kementerian Kesehatan dalam hal ini tidak bisa turun sendiri secara eksklusif untuk mengatasi demam berdarah karena itu dibutuhkan peran serta masyarakat, mobil edukasi dari Enesis ini merupakan salah satu upaya mencegah penularan demam berdarah di masyarakat,” ujar Wakil Menteri Kesehatan.

Seperti diketahui penerapan PHBS bisa dimulai dari hal kecil seperti membiasakan mencuci tangan dalam keseharian, selain menggunakan sabun bisa menggunakan Antis Hand Sanitizer yang mampu membunuh kuman 99 persen dalam 4 detik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)