Mahfud MD Pimpin Pelepasan Jenazah Tjahjo di Kemenpan, Pratikno Jadi Irup di Pemakaman

Jum'at, 01 Juli 2022 - 15:50 WIB
loading...
Mahfud MD Pimpin Pelepasan Jenazah Tjahjo di Kemenpan, Pratikno Jadi Irup di Pemakaman
Mensesneg Pratikno diagendakan menjadi Inspektur Upacara dalam proses pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD dan Mensesneg Pratikno direncanakan bakal menjadi Inspektur Upacara (Irup) pemakaman Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo . Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Kementerian PAN RB Rini Widyantini.

Rini mengatakan, prosesi penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada negara akan dilakukan setelah jenazah Tjahjo disalatkan di Masjid Quba. "Kemudian kami menginformasikan yang jadi irup di Kantor Kemenpan ialah Menko Polhukam (Mahfud MD)," kata Rini saat konferensi pers di Kantor Kementerian PAN RB, Jumat (1/7/2022).



Lebih lanjut, kata Rini, setelah diserahkan dari kantor Kemenpan RB, jenazah akan dibawa menuju Taman Makam Pahlawan Nasional Umum (TMPNU) Kalibata untuk disemayamkan secara militer.

Di mana yang bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Mensesneg Pratikno. "Sebelum Salat Ashar segera dimakamkan, karena pihak keluarga meminta," pungkasnya.



Sebagai informasi, Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957. Tjahjo meninggal di usia 64 tahun. Tjahjo menjabat sebagai Menpan RB sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang menjabat sejak 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019. Tjahjo juga merupakan seorang politikus PDIP. Dia terpilih menjadi anggota Komisi I DPR periode 2009–2014 dari daerah pemilihan Jawa Tengah I sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDIP di DPR RI.

Tjahjo Kumolo dipilih Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP PDIP periode 2010-2015 yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDIP. Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golkar.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7148 seconds (0.1#10.140)