Penjelasan Lengkap Jokowi Saat Bertemu Putin

Jum'at, 01 Juli 2022 - 09:30 WIB
loading...
Penjelasan Lengkap Jokowi Saat Bertemu Putin
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di di Istana Kremlin, Kamis, 30 Juni 2022 dan membahas beberapa hal. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di di Istana Kremlin, Kamis, 30 Juni 2022. Usai tiba di sana, keduanya langsung melakukan pertemuan tatap muka membahas beberapa hal.

Presiden Jokowi pun mengapresiasi kepada Presiden Putin yang menerima kunjungannya secara baik di Moskow, Rusia.

"Beberapa hal yang saya bahas dan saya sampaikan dalam pertemuan. Yang pertama, bahwa isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri indonesia," ujar Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Jokowi Bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin

Jokowi mengatakan bahwa dalam konstitusi mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. "Dalam konteks inilah saya melakukan kunjungan ke Kyiv dan ke Moskow," kata Jokowi.



Sebagaimana hal yang sampaikan di Ukraina, Jokowi juga mengatakan kepada Putin bahwa walaupun situasi saat ini masih sangat sulit, namun penyelesaian damai penting serta mengedepankan juga ruang-ruang dialog.

"Saya telah menyampaikan pesan presiden Zelenskyy untuk presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," ucap Jokowi.

Hal lainnya yang dibahas kata Jokowi, terkait dengan masalah pangan dan pupuk yang menjadi permasalahan kemanusiaan dan kepentingan masyarakat dunia. Dan ratusan orang terdampak dengan terganggu rantai pasok pangan dan pupuk terutama di negara-negara berkembang akibat konflik Rusia dan Ukraina.

"Saya sangat menghargai presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia dan juga Ukraina. Ini sebuah berita yang baik," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)