Jokowi Tawarkan Diri Bawa Pesan Zelensky ke Putin

Kamis, 30 Juni 2022 - 08:35 WIB
loading...
Jokowi Tawarkan Diri Bawa Pesan Zelensky ke Putin
Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Pertemuan ini digelar di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu 29 Juni 2022 sore waktu setempat. Foto/Dok/Instagram Presiden Jokowi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) akhirnya bertemu langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Pertemuan ini digelar di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu 29 Juni 2022 sore waktu setempat.

Dalam pertemuan itu, Jokowi mengatakan kepada Zelensky, kehadirannya merupakan wujud kepedulian masyarakat Indonesia terhadap situasi di Ukraina.

"Jauh-jauh datang ke Ukraina dan menemui Presiden Volodymyr Zelensky di istana Maryinsky, saya tidaklah sekedar berkunjung. Kedatangan saya adalah perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap situasi di Ukraina," dikutip dari akun Instagram @jokowi, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Presiden Jokowi Masuk Ukraina Melalui Polandia

Jokowi pun menawarkan diri kepada Zelensky sebagai pengirim pesan untuk nantinya disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Spirit perdamaian jangan pernah luntur. Dalam kaitan ini, saya datang menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi pula," katanya.



Jokowi menekankan bahwa Ukraina begitu penting bagi rantai pasok pangan dunia. Maka dari itu, semua negara harus ikut serta memberikan kelancaran ekspor.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut," jelasnya.

Selain itu Jokowi mengungkapkan, bahwa tahun merupakan peringatan ke 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Jokowi pun menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik bagi Ukraina.

"Pada kesempatan ini saya menyampaikan undang secara langsung kepada Presiden Zelensky untuk berpartisipasi dalam KTT G20 bulan November tahun ini di Bali," ungkapnya.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1000 seconds (10.177#12.26)