Kunjungi Setu Lebak Wangi, Hasto Dorong Desa Jadi Taman Sari Peradaban Indonesia

Selasa, 28 Juni 2022 - 21:23 WIB
loading...
Kunjungi Setu Lebak Wangi, Hasto Dorong Desa Jadi Taman Sari Peradaban Indonesia
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto mendorong desa menjadi taman sari peradaban Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto mendukung desa menjadi taman sari peradaban sesuai rekomendasi Rakernas II PDIP. Salah satunya dengan mendorong agar semakin banyak desa wisata di seluruh Indonesia.

Hasto mengatakan hal itu di sela silaturahmi dengan jajaran DPD PDIP Jawa Barat dan DPC PDIP Kabupaten Bogor di Setu Lebak Wangi, Desa Pamegarsari. Lokasi setu yang dulunya tak terurus itu, kini menjadi asri, bersih, serta menjadi salah satu lokasi tujuan wisata bagi warga sekitar.

Deretan rumah makan, kafe, hingga kendaraan air berada di sana, berbaur dengan ratusan pengunjung. Hasto dan jajaran PDIP yang ada di lokasi sempat mengitari setu dan menikmati segarnya udara dengan menumpangi sebuah speedboat. Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono, anggota DPR Dapil Kabupaten Bogor Adian Napitupulu, serta pengurus DPC setempat ikut bersama Hasto di dalam perahu itu.

Baca juga: Jalankan Hasil Rakernas II, Hasto Ajak Kader PDIP Bergerak ke Bawah

Hasto mengatakan, Setu Lebak Wangi adalah salah satu percontohan bagaimana desa dikembangkan sebagai pusat wisata. Orang akan datang menikmati kuliner dan jajanan desa, yang akan menggerakkan perekonomian desa.

Hal ini sejalan dengan pesan yang berkali-kali disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, serta sejalan dengan isi rekomendasi Rakernas II, yakni demi menjadikan desa sebagai taman sari peradaban Indonesia. "Karena bila desa maju, Indonesia akan kuat," katanya.

Baca juga: Dimutasi Jenderal Andika Perkasa, Ini Daftar 23 Jenderal yang Tinggalkan TNI

Hasto mengatakan DPP PDIP mengeluarkan surat instruksi khusus mendorong kader agar terlibat aktif dalam mengembangkan desa wisata seperti Setu Lebak Wangi. "Ada instruksi DPP PDI Perjuangan bahwa 1 anggota DPR harus mengembangkan 1 desa wisata, dengan membangun ekosistem kemajuan desa. Sedangkan bagi DPRD Provinsi dan Kabupaten kota secara berkelompok," kata Hasto.

Sementara Adian Napitupulu banyak menjelaskan bagaimana dirinya bersama warga sekitar di Setu Lebak Wangi bekerja sama membangun lokasi tersebut. Akhirnya masyarakat kelas menengah bawah memiliki lokasi wisata alternatif yang terjangkau.

Menurutnya, dengan bergotong-royong membangun setu seperti ini, maka semua warga bisa mendapatkan imbas ekonominya. Sebagai perbandingan, banyak setu yang dipakai menjadi lokasi keramba ikan. Namun ratusan keramba biasanya dipunyai 2-3 individu saja.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2764 seconds (11.252#12.26)