Pemerintah Berharap Draf RKUHP Rampung Pekan Ini

Selasa, 28 Juni 2022 - 19:44 WIB
loading...
Pemerintah Berharap Draf RKUHP Rampung Pekan Ini
Wamenkumham Edward Omar Sharief Hiariej berharap draf RKUHP rampung pada pekan ini. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Draf Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana ( RKUHP ) saat ini masih belum dipublikasikan ke masyarakat. Pemerintah berharap, draf tersebut bisa selesai pada pekan ini.

"Mudah-mudahan dalam minggu ini, mudah-mudahan selesai," kata Wamenkumham Edward Omar Sharief Hiariej di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Saat disinggung soal permintaan mahasiswa yang meminta draf RKUHP terbaru bisa dibuka, dia pun menolaknya lantaran belum selesai dalam proses revisinya. "Gimana wong belum selesai, dilihat. Nanti kalau kita lempar, ternyata masih koreksi, ribut lagi," ujarnya.

Baca juga: Dimutasi Jenderal Andika Perkasa, Ini Daftar 23 Jenderal yang Tinggalkan TNI

Pria yang akrab disapa Eddy ini meminta kepada semua pihak untuk bersabar menunggu draf RKUHP ini selesai diperbaiki terlebih dahulu. Dia memastikan pemerintah akan mempublikasinya. "Oh iya, setelah kita ke DPR kan pasti dibuka," pungkasnya.

Baca juga: Draf Terbaru RKUHP Belum Ditampilkan ke Publik, Ini Penjelasan Wamenkumham

Untuk diketahui, draf terakhir yang beredar di masyarakat masih berupa draf lama. Di mana, draf yang lama tersebut dihentikan sementara karena terdapat sejumlah pasal yang kontroversial. Hingga kini, belum diketahui draf terbaru RKUHP.

Padahal, pembahasan RKUHP sendiri sudah dimulai kembali melalui rapat Komisi III DPR pada 25 Mei 2022, lalu. Bahkan, DPR dan pemerintah telah memberikan target bahwa RKUHP harus disahkan pada Juli 2022, mendatang.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3670 seconds (11.252#12.26)