Pesawat yang Ditumpangi Jokowi Menuju Jerman Sempat Berputar-putar, Ini Penjelasan Istana

Senin, 27 Juni 2022 - 18:07 WIB
loading...
Pesawat yang Ditumpangi Jokowi Menuju Jerman Sempat Berputar-putar, Ini Penjelasan Istana
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan bahwa sempat berputarnya pesawat yang ditumpangi Presiden Jokowi dikarenakan waktu tiba yang lebih cepat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pengamat Penerbangan Gerry Soejatman menyoroti adanya hal tidak biasa pada perjalanan pesawat yang ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi menuju ke Jerman .

Gerry melihat kalau Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang ditumpangi Presiden Jokowi beserta rombongan itu tampak sempat berputar diperbatasan Iran dan Turki. Hal tersebut berdasarkan bisa data dari situs resmi flightradar24. Baca juga: Dukungan Jokowi untuk Jadi Juru Perdamaian Rusia-Ukraina Terus Mengalir



Meski begitu, pesawat yang ditumpangi Presiden Jokowi dan rombongan tiba dengan selamat di Munich International Airport, Munich, Jerman, Minggu (26/6/2022).

Menanggapi itu, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan bahwa sempat berputarnya pesawat yang ditumpangi Presiden Jokowi dikarenakan waktu tiba yang lebih cepat.

"Hal itu berkaitan dengan waktu ketibaan di Munich, Jerman, di mana pesawat GIA-1 diperkirakan tiba lebih cepat dari slot waktu yang disediakan," ujar Bey saat dikonfirmasi, Senin (27/6/2022).

Bey menjelaskan bahwa agar kedatangan pesawat GIA-1 yang ditumpangi Presiden Jokowi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, pilot melakukan holding guna menyesuaikan waktu ketibaan dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

"Dan hal itu sudah dikomunikasikan dan disetujui Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono yang turut serta dalam penerbangan tersebut," jelasnya.

Berdasarkan data dari situs resmi flightradar24, Pengamat Penerbangan Gerry melihat kalau Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang memboyong Presiden Jokowi beserta rombongan itu tampak sempat berputar di Turki. Baca juga: Jalankan Politik Bebas Aktif, Jokowi Dinilai Mampu Hadapi Krisis Global

"Ok, can someone tells me what was going on here? It's carrying the #president... things like this raises questions... why the 360 turn? (Oke, bisakah seseorang memberi tahu saya apa yang terjadi di sini? Ini membawa presiden... hal seperti ini menimbulkan pertanyaan... kenapa berputar 360?)," cuit Gerry melalui akun Twitternya @GerryS pada Minggu (26/6/2022).
(kri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1301 seconds (10.55#12.26)